Cara Menghemat Energi Listrik Rumah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Minggu, 10 Februari 2019

Cara Menghemat Energi Listrik Rumah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Listrik tidak bisa dipisahkan dari kegiatan kita dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik menjadi hal yang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas kita, mulai dari penggunaan lampu, alat-alat elektronik seperti komputer maupun laptop, charger smartphone, hingga penggunaan wifi dan koneksi internet.
Penggunaan energi listrik dalam rumah tangga juga sudah pasti diperlukan. Hampir seluruh peralatan rumah tangga memerlukan listrik untuk pengoperasiannya. Namun, listrik tidak kita dapatkan secara gratis kan? Jika kita boros dalam menggunakannya, tak heran apabila tagihan listrik bulanan jadi membengkak.
Untuk mengurangi pengeluaran tagihan listrik bulanan, banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Menghemat penggunaan energi listrik bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Kita juga bisa menerapkan gaya hidup hemat energi, dengan mulai beralih menggunakan alat dan teknologi yang ramah lingkungan serta mulai merancang bangunan berkonsep eco-friendly.

Panel Surya, Menghemat Tagihan Listrik Hingga 30%

panel surya
Sumber : pinterest.com
Mungkin sudah tidak asing lagi kita mendengar tentang panel surya. Alat pembuat energi alternatif ini memang sudah mulai marak digunakan di Indonesia. Mulai dari lampu jalan hingga rumah, sudah banyak yang menggunakan panel surya. Namun, baru kalangan menengah keatas yang bisa menggunakannya. Hal tersebut disebabkan karena harga yang masih relatif tinggi.

Apakah manfaat yang bisa kita dapat jika menggunakan panel surya di rumah?

Panel surya memiliki umur yang cukup lama, yaitu 20 - 25 tahun pemakaian. Umurnya yang cukup lama bisa membuat lebih hemat biaya energi. Panel surya termasuk alat yang ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan gas emisi karbon. Selain itu, proses pemasangan dan perawatannya cukup mudah.
Berdasarkan penuturan dari Ketua Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Arya Rezavidi, panel surya dengan kapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00. Dengan intensitas sinar matahari di Jakarta, total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh. Maka konsumsi listrik dari PLN berkurang 3,5 kWh per hari atau setara dengan Rp 5.000 (tarif listrik PLN Rp 1.400/kWh). Berarti dalam sebulan, tagihan listrik berkurang Rp 150.000.
Semakin banyak intensitas sinar matahari pada suatu daerah, maka energi listrik yang dihasilkan pun akan semakin besar. Selain itu jika ada kelebihan listrik yang dihasilkan, bisa di ekspor ke PLN dalam bentuk deposit listrik.

Mau Hemat Listrik? Yuk Bijak Menggunakan Lampu

saklar lampu
Sumber : abi-blog.com
Bijak menggunakan lampu adalah salah satu cara sederhana untuk menghemat pengeluaran biaya listrik. Mematikan lampu saat keluar dari ruangan, langkah kecil ini sudah sering diingatkan namun sering juga dilupakan. Lampu yang selalu dibiarkan menyala dapat menyedot energi listrik secara terus-menerus.
Gantilah lampu pijar biasa dengan menggunakan lampu LED untuk penerangan sehari-hari. Lampu Light Emitting Diode (LED) merupakan alternatif penerangan berenergi rendah. Dibandingkan dengan lampu pijar, lampu LED bisa menghemat listrik sebanyak 50 hingga 75 persen.
Kita juga harus menghemat penggunaan lampu pada siang hari. Hal ini adalah cara yang efektif. Untuk pencahayaan pada siang hari, kita bisa menggunakan cahaya alami dari matahari. Cahaya matahari yang masuk bisa kita saring dengan menggunakan tirai berbahan tipis, sehingga sinar matahari dapat tersaring dan tetap dapat menerangi ruangan.

Rumah hemat energi harus direncanakan sejak awal, terutama dalam proses desain. Dengan membuat jendela kaca berukuran besar dapat mengoptimalkan sinar matahari yang bisa masuk. Menggunakan kaca sebagai atap pada beberapa bagian rumah juga bisa diaplikasikan, namun pastikan keamanan lingkungan sekitar, ya. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
atap kaca
Sumber : casaindonesia.com

Efisiensi Penggunaan Elektronik Sehari-hari

Beberapa alat elektronik rumah tangga membutuhkan daya yang cukup tinggi untuk bisa berfungsi, contohnya seperti mesin cuci, setrika, dan kulkas. Sangat diperlukan cara yang efisien dalam menggunakannya sehari-hari. Penggunaan alat-alat di atas secara bersamaan dapat membuat tagihan listrik membengkak.
mesin cuci
Sumber : harveynorman.com.au
Saat menggunakan mesin cuci, sesuaikanlah banyak air yang digunakan, deterjen dan waktu wash spin-nya dengan banyak pakaian yang dicuci. Selain itu, kurangilah waktu penggunaan mesin pengering. Kita bisa memanfaatkan sinar matahari dan angin untuk mengeringkan pakaian.
Tahukah kamu, mencuci pakaian dengan mesin cuci di malam hari dapat meningkatkan tagihan listrik. Banyak orang yang salah persepsi dengan mencuci baju pada malam hari dan pagi harinya tinggal menjemur. Mencuci baju dengan mesin pada malam hari dapat meningkatkan daya pemakaian listrik secara besar, karena pada malam hari hampir semua elektronik menyala, mulai dari lampu, televisi, dan lain sebagainya.
Kulkas selalu menyala selama 24 jam penuh, daya yang dibutuhkan pasti sangat tinggi. Cara untuk menghematnya bisa dengan membersihkan kondensor secara berkala. Kita juga bisa mengatur temperatur dalam kulkas agar sesuai dengan barang yang kita simpan di dalamnya. Pastikan juga pintu kulkas selalu tertutup dengan benar.

Pastikan Steker atau Colokan Listrik Seusai Digunakan

power socket
Sumber : scienceabc.com
Inilah hal yang sering sekali terjadi. Kebiasaan buruk satu ini yang membuat tagihan listrik bulanan kita melambung naik. Sama halnya dengan penggunaan lampu, steker listrik yang masih terhubung pada stop kontak tetap akan menyerap daya listrik, biasa disebut sebagai vampir listrik.
Apa itu vampir listrik? Vampir listrik atau standby power merujuk pada energi listrik yang dikonsumsi peralatan elektronik pada saat standby (dalam keadaan mati namun siap digunakan sehingga tetap mengkonsumsi daya listrik). Jadi meskipun peralatan elektronik terlihat mati, belum tentu mereka dalam keadaan mati.
Vampir listrik tidak sepenuhnya merugikan loh. Ada sisi positif dari vampir listrik, misalnya gawai yang tetap bisa diisi daya secara penuh meski dalam keadaan menyala, memonitor suhu pada kulkas setiap saat, dan juga mengatur penerimaan sinyal pada telepon atau network.
Selain peralatan elektronik, ingatlah juga untuk selalu mencabut charger setelah mengisi ulang smartphone dan juga laptop.

Alat Elektronik dengan Teknologi Inverter

teknologi inverter
Sumber : abcnews.go.com
Pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) merupakan salah satu elektronik yang memerlukan daya yang cukup tinggi. Untuk menghemat energi atau daya yang digunakan oleh AC, sekarang terdapat teknologi inverter. Teknologi inverter pada AC memungkinkan lebih hemat dalam penggunaannya.
Kompresor AC inverter bekerja lebih efisien daripada kompresor AC konvensional yang menerapkan mekanisme kerja mati-nyala (on-off) yang mana memakai daya listrik yang lebih besar. Selain itu, AC inverter juga dilengkapi sensor mode hemat yang dapat mendeteksi keberadaan penggunanya. Kita juga bisa menyesuaikan suhu yang digunakan pada ruangan agar sesuai dengan ukuran dan volume ruangan tersebut.
Untuk mengurangi beban biaya listrik karena penggunaan AC, kita bisa memberikan lubang ventilasi pada rumah kita. Gunakanlah jalur ventilasi silang, sehingga bisa membuat rumah kita lebih sejuk karena angin atau udara dalam rumah dapat berputar dengan baik.

Menerapkan gaya hidup hemat listrik dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu menurunkan tingkat pencemaran lingkungan serta kita juga menabung energi untuk masa depan. Selain itu, menghemat listrik juga berarti membantu rumah-rumah lainnya yang belum terakses listrik.

Yuk mulai berhemat energi listrik dimulai dari kegiatan sehari-hari kita! ▪AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage