Ruang Keluarga Unik Dengan Gaya Shabby Chic

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 12 Januari 2019

Ruang Keluarga Unik Dengan Gaya Shabby Chic

Desain shabby chic terkenal dengan banyaknya berbagai macam unsur yang terdapat dalam sebuah ruangan (Ruang keluarga, kamar tidur utama, kamar tidur anak, dapur, dll). Desain interior bergaya shabby chic bisa diaplikasikan di type rumah apapun. Penataan ruang bergaya shabby chic memang membutuhkan sedikit trik dan kreatifitas dari pemilik rumah.

Gaya shabby chic adalah desain interior yang memiliki keunikan tersendiri. Jika diaplikasikan dengan tepat pada ruang keluarga, segala unsur dalam ruangan bisa menyatu dengan baik serta akan terbangun suasana yang menenangkan dan sangat cocok untuk berelaksasi. Namun jika pengaplikasiannya tidak tepat, maka hasilnya hanya ada satu kata; “Berantakan”.

Gaya shabby chic sudah terkenal sejak kurang lebih 20 tahun yang lalu. Shabby chic terinspirasi dari gaya rumah di pedesaan inggris. Kunci dari desain interior ini terletak pada namanya, yaitu “shabby” yang memiliki arti sesuatu yang sudah pernah dipakai dan sudah lama/usang.

Maksudnya seperti apa? Apa kita menggunakan barang-barang tua di rumah kita? Jawabannya iya, itulah salah satu keunikan dari desain shabby chic. Desain shabby chic menggunakan barang-barang tua atau vintage , namun tetap elegan dan terlihat artistik. Disinilah dibutuhkan kebebasan berkreasi dari kita sebagai pemiliknya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain ruang keluarga bergaya shabby chic, sehingga tidak akan menimbulkan kesan berantakan pada ruang keluarga.

Background Yang Berwarna Netral

Netral Background
Sumber : decoholic.org

Background yang dimaksud adalah dinding yang ada di ruang keluarga. Pilihan warna pada dinding harus yang berwarna netral, seperti putih ataupun warna-warna pastel. Kenapa harus putih? Salah satu alasannya adalah agar furniture atau elemen lain yang unik dalam ruangan bisa lebih ditonjolkan.

Background berwarna netral bukan berarti harus membosankan. Kita boleh berkreasi saat kita mengecat dindingnya, seperti memberikan tekstur. Kita juga bisa memberikan hiasan pada elemen arsitektural seperti rak buku tanam yang diberikan ukiran-ukiran yang bisa mendukung tema shabby chic.

Selain dinding, lantai juga termasuk dalam unsur background. Lantai juga harus memiliki warna yang netral, namun boleh juga menggunakan lantai kayu dengan motif serat kayu yang sederhana.

Furniture Vintage atau Bergaya Vintage?

Vintage Furniture
Sumber : homedesignlover.com

Dalam mengaplikasikan gaya shabby chic terkadang ada pertanyaan, “apakah kita menggunakan furniture lama atau bergaya lama?”. Semua itu tergantung kepada pemiliknya. Dua alternatif tersebut bisa digunakan dan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kita memilih untuk menggunakan furniture bergaya lama, ada 2 cara untuk mendapatkannya : Membeli furniture bergaya vintage atau membuatnya sendiri. Jika kita ingin membuatnya sendiri, kita bisa membeli unfinished furniture lalu mengecatnya sendiri (Bisa melihat tutorial sederhana di internet). Furniture baru bergaya lama, sudah tentu bisa dipastikan kekuatannya.

Memilih menggunakan furniture lama memang tidak salah, justru akan semakin meningkatkan feel “shabby” dalam ruangan. Namun, sebelum menggunakan furniture lama, beberapa hal harus diperhatikan :
  1. Kekuatan furniture : Pastikan furniture tidak rapuh atau berkarat dan masih memiliki kekuatan yang baik.
  2. Memiliki fungsi yang jelas dalam ruangan : Tidak semua furniture lama bisa dimasukkan ke dalam ruangan, pastikan fungsi furniture jelas.
  3. Sesuai dengan tone warna ruangan : Pastikan furniture memiliki tone warna yang sesuai dengan seisi ruangan.

Sentuhan Kreatifitas Dengan Aksesoris Yang Tepat

Aksesoris Ruangan Kreatif
Sumber : i.ytimg.com

Aksesoris menjadi hal terpenting dan paling menyenangkan dalam mendesain ruang keluarga bergaya shabby chic. Aksesoris yang digunakan bisa memberikan suasana bergaya seperti bohemian. Dalam menciptakan suasana tersebut bisa melalui media apa saja, misalnya karpet, bantal, lukisan, dll.

Aksesoris-aksesoris ini harus memiliki warna yang kontras dengan ruangan. Kebanyakan warna yang biasa dipilih adalah warna-warna alam. Selain itu, aksesoris seperti karpet dan bantal juga bisa memiliki motif sederhana yang dapat mendukung suasana seperti; chevron, bunga, terrazzo atau mengikuti trend desain yang sedang booming.

Dalam menentukan aksesoris kita harus berhati-hati. Perlu diingat, dalam menata ruang keluarga bergaya shabby chic kita harus fokus dan memastikan agar ruangan tidak terlihat berantakan dan tak tersusun. Jika dirasa ada unsur yang tidak pas dalam ruangan, kita bisa mundur beberapa langkah dan mempertimbangkannya kembali.

Tambahkan Elemen Alami Dalam Ruang Keluarga

Elemen Alami Gaya Shabby Chic
Sumber : decoist.com

Ruang keluarga yang memiliki gaya shabby chic pada dasarnya akan terasa terang, menenangkan, dan segar (airy spot). Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah menambahkan unsur-unsur dari luar ruangan. Jika terdapat taman atau ruang terbuka dalam rumah, kita bisa menyatukannya kedalam desain ruang keluarga.

Penggunaan furniture berbahan alami bisa juga menjadi elemen tambahan. Misalnya dengan menggunakan furniture yang terbuat dari kayu, karpet serat bamboo, pot bunga dari batu ataupun keramik, dll. Penambahan tanaman dalam ruangan juga bisa memberikan kesan alami dan menambah kesegaran.

Fakta: Tanaman berfotosintesis pada siang hari akan menghasilkan oksigen dari gas CO2, sehingga bisa menambah kesegaran dan kesejukan ruangan. Namun pada malam hari, tanaman akan melakukan kebalikannya (menghirup oksigen dan merubahnya menjadi CO2). Sehingga disarankan, tidak meletakan terlalu banyak tanaman dalam rumah.

Jika dilakukan dengan cara yang tepat, desain interior bergaya shabby chic dapat sangat mengagumkan. Ruang keluarga bergaya shabby chic akan nampak stylish dan sederhana – walaupun agak tricky saat mengatur keseimbangan dan kesinambungan dalam ruangan.

Jika kita terjebak dalam situasi membingungkan saat mendesain ruang shabby chic, carilah inspirasi desain di internet dan buka pikiran kita sehingga ide-ide kreatif dapat bermunculan. Kita bisa berkonsultasi dengan arsitek dan interior designer agar ruang keluarga bergaya shabby chic bisa diterapkan dengan baik.

Untuk membantu mempermudah dalam mencari inspirasi desain interior ruang keluarga shabby chic, berikut adalah beberapa contohnya :















Selamat mendesain ruang keluarga dengan sekreatif mungkin! ▪AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage