7 Cara Sederhana Menciptakan Kamar Mandi Bersih dan Sehat

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Senin, 28 Januari 2019

7 Cara Sederhana Menciptakan Kamar Mandi Bersih dan Sehat

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu kita wajib untuk selalu menjaga kebersihan, baik diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar bisa dilakukan dari lingkup paling kecil, yaitu rumah. Kebersihan rumah harus diperhatikan mulai dari bagian depan hingga bagian belakang.

Setiap ruangan di dalam rumah harus selalu dalam keadaan bersih. Tidak hanya ruang-ruang utama seperti ruang keluarga, kamar, dan dapur yang harus rutin dibersihkan, kamar mandi juga. Kamar mandi tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari, maka sangat penting membuat kamar mandi selalu bersih dan sehat bukan?

Kamar mandi memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk perkembangan bakteri dan berbagai kuman penyakit. Selain itu, kamar mandi harus rutin dibersihkan karena ruangan ini adalah tempat membuang kotoran.

Kamar mandi yang kotor dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti : Diare, disentri, kolera, dan berbagai macam penyakit kulit (Kadas, panu, dll). Kuman penyakit tersebut dapat berkembang biak di air yang kotor ataupun WC yang kotor dengan sangat mudah.

Dalam membangun kamar mandi yang bersih dan sehat tidak hanya dari pembersihan rutin saja, namun harus dilakukan dari proses awal, yaitu proses desain kamar mandi. Sejak proses ini, kita harus memastikan agar kamar mandi dapat memenuhi syarat sebagai kamar mandi sehat.

Berikut adalah syarat dan cara agar kamar mandi kita senantiasa bersih dan sehat sehingga nyaman untuk digunakan.

Pencahayaan Kamar Mandi

Pencahayaan Kamar Mandi
Sumber : hgtv.com

Pencahayaan harus mulai dipikirkan pada saat proses mendesain. Pencahayaan yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman. Penataan lampu dan pemilihan warna lampu yang tepat dapat membangun mood yang baik di kamar mandi.

Dalam menata lampu kamar mandi, disarankan agar posisi lampu tepat berada tepat ditengah ruangan. Ingat saat kita berada di luar ruangan pukul 12 siang? Lampu yang berada di tengah akan membuat bayangan benda lebih sedikit, sehingga kamar mandi tidak terkesan suram, kusam, dan gelap karena bayangan.

Untuk kamar mandi berukuran besar, kita bisa membagi kamar mandi dalam beberapa zona yang memiliki sistem pencahayaan masing-masing. Penataan lampu dan sistem pencahayaan yang baik membuat kita lebih mudah dan nyaman saat berada di kamar mandi.

Sistem Perputaran Udara Dalam Kamar Mandi

Sirkulasi Udara Kamar Mandi
Sumber : pinterest.com
Kamar mandi identik dengan tingkat suhu kelembapan yang tinggi, oleh karenanya diperlukan sistem perputaran udara atau sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara dalam kamar mandi berguna agar ruangan tidak dipenuhi oleh udara yang sama setiap saat, karena udara selalu berputar dan diganti dengan udara segar.

Terdapat 2 macam cara dalam membuat sirkulasi udara dalam kamar mandi, yaitu alami dan dengan bantuan alat (mekanik). Cara pertama, kita memanfaatkan pertukaran udara secara alami. Kita tinggal menyediakan jalur untuk udara keluar-masuk. Kita bisa membuat ventilasi udara yang cukup besar pada kamar mandi.

Exhaust Fan Kamar Mandi
Sumber : serfcity.us

Cara kedua dengan bantuan exhaust fan. Cara kerja exhaust fan sederhana, kipas akan bekerja mengantar udara dari dalam ruangan keluar dan sekaligus membawa masuk udara segar. Penggunaan exhaust banyak digunakan saat ini.

Rutin Menguras Bak Penampungan Air

Membersihkan Bak Penampungan Air
Sumber : pinterest.com

Bak penampungan air bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Jentik-jentik nyamuk dapat berkembang dengan baik dan didukung oleh kelembapan ruangan. Selain itu, kotoran-kotoran yang terdapat di air juga akan mengendap ke dasar bak penampungan. Oleh karena itu bak harus rutin dibersihkan.

Bak penampungan air disarankan untuk rutin dikuras sebanyak 2 minggu sekali. Gayung yang digunakan untuk mengambil air pun harus rutin dibersihkan, karena ada kemungkinan kotoran yang menempel pada permukaannya. Ada baiknya juga untuk menutup bak penampungan air saat tidak digunakan.

Menyikat Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Menyikat Lantai dan Dinding Kamar Mandi
Sumber : (1)aliexpress.com (2)wolipop.com

Lantai kamar mandi dan dinding kamar mandi pasti sering terkena air saat kita sedang berada di kamar mandi. Tak jarang juga terdapat sisa shampoo ataupun busa sabun yang menempel pada dinding, dan terkadang kotoran tersebut tidak dibersihkan karena luput dari penglihatan kita.

Kasus diatas kerap kali terjadi. Saat kita mandi, noda sabun dan shampoo yang kita gunakan tidak seluruhnya terbuang terbawa aliran air. Terdapat beberapa sisa bagian yang mengendap dan menempel di lantai kamar mandi. Lama-kelamaan noda dari produk yang kita pakai tersebut dapat menumpuk dan membuat noda kuning pada lantai dan dinding.

Noda bekas sabun atau shampoo yang mengendap sangat berbahaya jika tidak rutin kita bersihkan. Noda-noda tersebut membuat lantai menjadi licin dan beresiko tinggi membuat kita terpeleset, bahaya bukan? Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat dan dibantu oleh karbol atau cairan pembersih lantai. Disarankan untuk menyikat lantai dan dinding kamar mandi setiap hari.

Pastikan Perabot Kamar Mandi Selalu Bersih

Perabotan Kamar Mandi
Sumber : extremotuxla.com

Perabotan seperti kaca, wastafel, cermin, toilet, kursi dan lainnya selalu bersih. Rutinlah membersihkannya secara bergantian. Gunakan kanebo maupun sikat dan ditambah cairan pembersih untuk membersihkan perabotan tersebut. Tentu sangat tidak nyaman bukan, jika cermin atau kaca dalam kamar mandi kusam dan kotor?

Organisir Barang Dalam Kamar Mandi

Organisir Barang Dalam Kamar Mandi
Sumber : kbndecor.com

Barang-barang dalam kamar mandi harus diorganisir agar lebih rapi. Peralatan kebersihan seperti sikat WC, sikat lantai, kanebo, penyemprot cairan pembersih, dan lainnya harus tersusun rapi dalam kamar mandi atau kita bisa menyediakan suatu tempat penyimpanan khusus. Selain itu, perlengkapan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan shampoo juga harus selalu tersusun rapi.

Ingat untuk selalu memperhatikan kebersihan tempat penyimpanan barangnya juga.

Tahukah kamu, bahwa sikat gigi tidak disarankan untuk diletakkan dalam kamar mandi? Lalu mau disimpan dimana? Dalam kamar mandi terdapat banyak bakteri dan sisa-sisa kotoran, bulu sikat pada sikat gigi bisa menjadi salah satu tempat yang sangat cocok untuk perkembangan kuman penyakit. Oleh sebab itu tidak disarankan untuk menyimpan sikat gigi dalam kamar mandi.

Berikan Sentuhan Natural & Aroma Segar Dalam Kamar Mandi

Tanaman Dalam Kamar Mandi
Sumber : pinterest.com

Menambahkan tanaman dalam kamar mandi bisa menjadi suatu ide yang bagus. Tanaman bisa memberikan sentuhan natural pada kamar mandi. Selain itu, tanaman juga bisa membantu mengelola udara dalam kamar mandi. Namun perlu diingat, tanaman juga membutuhkan sinar matahari yang cukup. Kita bisa dengan rutin mengeluarkannya untuk mendapat sinar matahari.

Kita bisa menggunakan pengharum ruangan dalam kamar mandi agar kamar mandi selalu harum. Pilihlah aroma yang sesuai selera kita masing-masing. Penggunaan kapur barus khusus kamar mandi bisa juga sebagai salah satu pengharum kamar mandi.

Menjaga kebersihan kamar mandi bisa membuat kita sehat secara fisik dan juga mental. Ayo kita mulai biasakan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. ▪AaH

1 komentar

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://berkahsedotwcjogja.com/
    . Sukses selalu

    BalasHapus

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage