5 Elemen Penting & Inspirasi Desain Kamar Mandi

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Jumat, 25 Januari 2019

5 Elemen Penting & Inspirasi Desain Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang sangat penting dalam rumah kita. Type rumah besar maupun kecil, pasti ada kamar mandi didalamnya. Kamar mandi termasuk kedalamruangan yang paling sering kita gunakan setiap harinya. Oleh sebab itu, kamar mandi membutuhkan penataan dan desain yang tepat.

Kamar mandi pada dasarnya terbagi menjadi 2, yaitu : “kamar mandi basah” dan “kamar mandi kering”. Kamar mandi basah adalah bagian ruangan kamar mandi yang digunakan untuk kegiatan membersihkan tubuh, seperti mandi dan buang air (kakus). Dalam kamar mandi basah, biasanya terdapat shower, bak penampungan air, toilet, dan pada beberapa rumah terdapat bathtub.

Kamar mandi kering adalah bagian ruangan kamar mandi yang dikhususkan untuk kegiatan bersiap diri. Dalam kamar mandi kering terdapat wastafel, cermin, meja rias, dan lain sebagainya. Di Indonesia, konsep kamar mandi basah yang paling sering digunakan.
Dalam mendesain kamar mandi, harus memperhatikan banyak hal agar pemilik rumah bisa merasa nyaman dengan kamar mandinya. Pemilihan material yang digunakan, pemilihan warna, dan aksesoris-aksesoris yang ada di kamar mandi menjadi penting. Selain dalam proses mendesain, diperlukan juga perawatan yang baik agar dapat tercipta kamar mandi yang bersih dan sehat.
Berikut adalah beberapa elemen penting dalam mendesain kamar mandi untuk rumah kita.

Material Yang Digunakan

Kamar Mandi Marmer
Sumber : homedit.com

Pemilihan material yang digunakan sangat penting. Pemilihan elemen dan kombinasi yang tepat dapat membuat kamar mandi lebih rapi dan elegan. Salah satu contoh material yang bisa membuat kamar mandi terkesan elegan adalah penggunaan marmer ataupun batuan alami.

Marmer bisa membuat sesuatu tampilan khas dalam kamar mandi. Kamar mandi yang menggunakan marmer dapat memberikan kesan elegan dan ruangan yang lebih luas. Marmer berwarna gelap juga bisa membuat kamar mandi terlihat lebih bersih. Hindarilah menggunakan marmer berwarna emas, karena bisa memberi kesan panas dan terlalu bercorak.

Penambahan elemen kaca dan penggunaan furniture yang dikombinasikan dengan kayu bisa memperkaya suasana kamar mandi. Harus diperhatikan untuk penggunaan furniture berbahan kayu, agar diletakkan di kamar mandi kering dan hindari tempat yang rawan terkena air.

Warna Dalam Kamar Mandi

Kamar Mandi Hitam Putih
Sumber : decoist.com

Pemilihan warna dalam kamar mandi sangat menentukan mood atau rasa yang akan diciptakan. Penggunaan warna-warna yang didominasi oleh tone gelap akan bisa memberikan kesan lebih relax. Sedangkan dengan warna tone terang, bisa menimbulkan kesan lebih luas pada ruangan.

Pengaplikasian warna tidak hanya pada dinding, melainkan bisa digunakan pada furniture, ataupun aksesoris dalam ruangan. Selain itu, kita bisa menambahkan warna-warna alami dengan menggunakan tanaman-tanaman hias.

Kamar Mandi Colorful
Sumber : architecturaldigest.com

Untuk yang menginginkan kamar mandi yang penuh warna, bisa menambahkan berbagai aksesoris yang berwarna-warni. Salah satu gaya desain interior playful yang bisa diaplikasikan di kamar mandi adalah gaya urban modern.

Pencahayaan Kamar Mandi

Pencahayaan Dengan Hidden Lamp
Sumber : pinterest.com

Kamar mandi juga memerlukan pencahayaan yang baik. Penggunaan lampu berwarna agak kekuningan dan dipadukan dengan marmer putih, memberikan kesan hangat. Pencahayaan sangat penting karena bisa menciptakan estetika dan membantu membangun mood ruangan.

Pencahayaan dalam kamar mandi memiliki 2 alternatif cara. Bisa menggunakan cahaya matahari (alami) ataupun cahaya lampu. Jika ingin menggunakan cahaya alami, bisa melalui ventilasi udara ataupun jendela. Tetapi perlu diingat juga untuk kenyamanan saat kita berada di kamar mandi.
Penggunaan lampu bisa divariasikan dengan berbagai macam. Salah satu caranya adalah menggunakan sistem hidden lamp. Hidden lamp bisa diaplikasikan pada beberapa bagian di kamar mandi, seperti disekitar kaca atau bagian atap ruangan. Jika ditempatkan di sekitar kaca, bisa juga digunakan sebagai penerang saat berhias.

Cermin Besar Memperluas Ruangan

Cermin Besar Kamar Mandi
Sumber : handyman.net.au

Cermin merupakan elemen yang paling sering dijumpai dalam kamar mandi. Cermin digunakan sebagai tempat kita melihat pantulan diri saat sedang mempersiapkan diri. Namun ternyata cermin juga memiliki manfaat lain jika ditempatkan di dalam kamar mandi, yaitu memberikan kesan lebih luas pada kamar mandi.

Cermin memantulkan cahaya yang diterimanya. Cermin sebenarnya terbuat dari kaca biasa yang diberikan lapisan logam atau alumunium dibelakangnya agar dapat memantulkan cahaya. Cermin harus memiliki ruang belakang gelap agar bisa bekerja dengan baik, oleh sebab itu biasanya cermin ditempelkan di dinding atau lemari.

Cermin yang digunakan dalam kamar mandi bisa beragam ukurannya, dari kecil hingga sangat besar. Semakin besar cermin yang digunakan dalam kamar mandi, maka ilusi optik yang dihasilkan akan lebih baik dan ruangan terasa lebih luas. Namun, ada beberapa orang yang tidak nyaman jika ada cermin dalam kamar mandi. Kita bisa mengakalinya dengan menaruh cermin di bagian luar kamar mandi, di samping pintu ataupun di seberang pintu kamar mandi.

Aksesoris Pemercantik Ruangan

Dekorasi Kamar Mandi
Sumber : pinterest.com

Mungkin banyak yang berfikir “Untuk apa ada hiasan di kamar mandi? Yang lihat kita-kita juga”. Justru itulah alasannya, yang paling sering menggunakan kamar mandi adalah kita dan keluarga. Maka, mendesain dan mendekorasi kamar mandi sebaik mungkin tentu sangat baik bukan?

Aksesoris yang digunakan bisa berupa apa saja. Tanaman hias, lukisan artistic, mural, karpet, dan lainnya bisa menciptakan mood yang berbeda-beda. Sesuaikanlah aksesoris yang akan digunakan sesuai dengan gaya atau style yang ingin digunakan dalam kamar mandi.

Mendesain kamar mandi memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan agar kamar mandi bisa nyaman digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa inspirasi desain kamar mandi yang bisa ditiru dirumah.











Selamat menciptakan kamar mandi yang nyaman digunakan. ▪ AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage