5 Tips dan Trik dalam Menghias Kamar Tidur Utama

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Senin, 10 Desember 2018

5 Tips dan Trik dalam Menghias Kamar Tidur Utama

kamar tidur utama
Di rumah mana pun di dunia ini, kamar tidur utama adalah ruangan yang berperan sebagai tempat perlindungan dari dunia luar bagi pemiliknya. Oleh karena itu, sangatlah masuk akal jika seseorang rela mengerahkan waktu dan tenaganya untuk menghias kamar tidur utamanya agar terlihat dan terasa nyaman. Akan tetapi, masih banyak orang yang melupakan beberapa bagian penting ketika sedang menghias kamar tidur utama rumah mereka.

Kamar tidur utama merujuk kepada salah satu ruangan di rumah yang digunakan sebagai kamar tidur sang pemilik. Jika yang tinggal di rumah tersebut adalah sebuah keluarga, maka otomatis kamar yang ditempati si orang tua adalah kamar tidur utama. Kamar tidur utama mudah dibedakan dari kamar tidur lainnya, karena nyaris semua kamar tidur utama berukuran lebih besar dibandingkan yang lainnya.
Ketika berada di rumah, orang lebih banyak menghabiskan waktunya di kamar tidur dibandingkan dengan ruangan-ruangan lainnya.
Dengan demikian, kamar tidur utama haruslah memperhatikan aspek kenyamanan. Kamar tidur utama yang nyaman akan membuat penghuninya mendapatkan istirahat yang tenang. Dengan istirahat yang cukup di malam hari, maka pada siang harinya tubuh akan lebih berenergi dan lebih mudah untuk diajak melakukan kegiatan-kegiatan produktif.

Berikut ini adalah tips dan trik dalam menghias kamar tidur utama, supaya kenyamanan yang diperlukan bisa diciptakan secara maksimal!

Warna dan Motif pada Dinding Kamar Tidur Utama

warna kamar tidur
Untuk kamar tidur utama, gunakan warna yang hangat dan soft. Hindari warna yang terlalu terang dan mencolok. Warna yang soft bisa membuat tubuh menjadi rileks dan sangat membantu dalam membawa suasana yang cocok untuk beristirahat dengan tenang. Krem, beige dan coklat adalah salah satunya.
Untuk kesan yang lebih modern, warna-warna monokrom seperti hitam, putih dan abu-abu bisa digunakan.
wallpaper kamar tidur
Jika cat dinding biasa terasa terlalu polos, wallpaper bisa menjadi alternatif. Wallpaper atau kertas dinding menyediakan berbagai motif dengan bermacam-macam warna bagi kamar tidur utama. Padukan wallpaper dengan cat dinding, sehingga kamar tidur utama bisa terlihat lebih colorful meskipun dengan warna-warna yang lembut.

Hiasan Dinding Dalam Kamar Tidur Utama

hiasan dinding kamar tidur
Selain memberikan sentuhan estetika, hiasan dinding pada kamar tidur utama juga bisa menggambarkan karakter pemiliknya. Seorang pecinta pantai bisa memajang kerang dan benda-benda berbau pantai lainnya di dinding kamarnya. Pasangan yang telah berkeluarga bisa memasang foto keluarganya di atas tempat tidur. Kemungkinannya tidak terbatas.
lettering dinding kamar tidur
Tidak hanya hiasan dinding yang berada di dalam pigura saja, lukisan kalimat-kalimat favorit yang langsung dituliskan di atas dinding pun bisa menjadi pilihan. Sentuhan lettering yang indah dan penuh makna bisa membuat pemilik kamar tersebut lebih bersemangat menjalani hari-harinya.

Jika dinding kamar tidur utama yang ingin dipasangi hiasan dinding merupakan dinding yang dilapisi wallpaper, pastikan kalau hiasan dinding tersebut serasi dengan motif wallpaper-nya. Untuk dinding wallpaper, hiasan yang paling tepat adalah karya seni yang menggunakan pigura. Pigura bisa berfungsi sebagai pembatas yang kentara antara wallpaper dan hiasan dinding, menjaga agar keduanya tidak bertabrakan.

Penerangan pada Kamar Tidur Utama

lampu tidur kamar
Banyak orang yang sulit tidur dalam kondisi ruangan yang gelap gulita. Karena itulah lampu tidur sangat diperlukan di dalam sebuah kamar tidur utama. Lampu tidur berfungsi untuk menerangi kamar tidur utama ketika lampu utama dimatikan, sehingga di dalam ruangan masih terdapat secercah cahaya.

Lampu tidur sendiri banyak sekali jenisnya. Ada yang diletakkan di atas nakas, ada pula yang menempel di dinding. Modelnya pun beragam. Posisikan lampu tidur sebagai salah satu aksen kuat dalam kamar tidur utama, dan pilih bentuknya sesuai dengan tema yang diangkat dalam kamar tidur utama tersebut.

Sesuai Tema Namun Tetap Nyaman

bedding kamar tidur
Bedding berarti penutup dari tempat tidur, seperti seprai dan selimut. Tempat tidur dan bedding yang tepat adalah suatu keharusan untuk menciptakan lingkungan beristirahat yang nyaman. Pastikan seprai dan selimut yang dipakai dalam kamar tidur utama ini terbuat dari bahan yang bagus dan berkualitas baik.
Jangan lupa untuk merawat kebersihan seprai dan selimut. Menurut Philip Tierno dari New York University School of Medicine, waktu yang tepat untuk mengganti seprai adalah satu minggu sekali.
Dengan mengganti dan mencuci seprai satu minggu sekali, pertumbuhan bakteri bisa ditekan. Seprai yang dipenuhi dengan bakteri tak hanya menyebabkan munculnya berbagai penyakit saja. Bakteri ini juga akan membuat seprai terlihat kotor. Jika seprai dan selimut bersih, tempat tidur akan terasa nyaman serta membuat tidur selalu berkualitas.

Karpet Pelengkap Kamar Tidur

karpet kamar tidur
Walaupun karpet tidak selalu ada di dalam kamar tidur utama, namun karpet jelas-jelas berperan dalam kenyamanan dan keindahan kamar. Di pasaran, karpet dijual dengan bermacam-macam bahan, motif, warna, ukuran hingga harga yang sangat bervariasi.

Jika pemilik kamar tidur utama adalah tipe orang yang tidak kuat dingin, keberadaan karpet di dalam kamar tidur utama akan sangat membantu. Karpet akan mencegah telapak kaki bersentuhan langsung dengan lantai, sehingga dinginnya lantai tidak akan mengganggu pagi yang indah.

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan dalam mendesain kamar tidur utama adalah fakta bahwa kamar tidur utama harus menggambarkan pemiliknya. Oleh karena itu, semua pemilihan tema, furnitur dan elemen dekorasi harus mempertimbangkan kesukaan sang pemilik. Selamat berkreasi! ▪NHF

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage