Tips Esensial untuk Mendesain Ruang Keluarga Bergaya Minimalis

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Senin, 24 Desember 2018

Tips Esensial untuk Mendesain Ruang Keluarga Bergaya Minimalis

ruang keluarga minimalis
Gaya minimalis. Apa sih artinya? Apakah gaya minimalis berarti dinding yang berwarna putih, lantai yang berbahan kayu dan jendela yang lebar? Apakah gaya minimalis berarti sofa tanpa kaki, arsitektur yang kuat, warna yang lembut dan hangat, serta pola-pola geometris? Gaya minimalis bukan berarti memilih furnitur dan aksesoris ruangan yang simpel, membosankan atau tidak mewah.
Gaya minimalis adalah seni dari hidup yang nyaman dan tenteram berdasarkan pada moto “live with less”.
Jika dilihat dari luar, hidup bergaya minimalis mungkin terasa cukup mudah, namun kenyataannya tidak sama sekali. Faktanya, rumah bergaya minimalis yang indah dan fungsional adalah salah satu rumah tersulit untuk didesain. Mendesain rumah atau apartemen bergaya minimalis membutuhkan skill, kesabaran dan disiplin yang tinggi. Desain bergaya minimalis bukan membicarakan tentang menambahkan aksesoris di sana-sini, melainkan tentang mengurangi hal-hal tersebut.

Ruang keluarga bergaya minimalis jelas-jelas merupakan tempat di mana petualangan ini dimulai. Meskipun gaya minimalis identik dengan desain yang elegan dan garis-garis yang tajam, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membubuhkan karakteristik pribadi ke dalam hunian modern bergaya minimalis. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk mendesain ruang keluarga bergaya minimalis yang mengombinasikan bentuk fungsional dan kenyamanan yang tetap classy dengan usaha seminimal mungkin. Let’s dig in!

Furnitur yang Tepat, Ruang Keluarga yang Nyaman

sofa ruang keluarga
Jangan menempatkan terlalu banyak furnitur di dalam ruang keluarga bergaya minimalis.
Sesuai dengan inti dari gaya minimalis yang mengedepankan estetika dari sebuah keminimalan, ruang keluarga yang diisi furnitur dan aksesoris yang tidak berlebihan adalah salah satu perwujudannya. Fokuskan kepada hal-hal esensial dalam sebuah ruang keluarga, seperti sofa, meja kopi, dan alat-alat hiburan seperti televisi. Beberapa aksesoris kecil seperti vas bunga atau sculpture bisa ditambahkan untuk memperindah ruangan, namun jangan sampai berlebihan dan merusak estetika ruangan.

Dalam memilih furnitur, jangan lupa untuk memerhatikan kenyamanan para penghuni rumah. Ruang keluarga memiliki fungsi utama sebagai tempat bersantai dan bercengkrama antar anggota keluarga. Pilihlah furnitur yang mendukung aktivitas-aktivitas tersebut. Contohnya, untuk keluarga yang memiliki anak kecil, sebisa mungkin hindari furnitur-furnitur yang memiliki ujung tajam. Singkirkan meja kopi berbentuk persegi panjang berbahan marmer yang bisa melukai si anak, dan tempatkan meja berbentuk bulat atau oval sebagai gantinya.

Color Palette yang Cocok dengan Gaya Minimalis

warna ruang keluarga
Pemilihan warna yang tepat untuk ruang keluarga bergaya minimalis adalah salah satu poin penting untuk menciptakan suasana yang homey di dalam ruangan tersebut. Pada dasarnya, gaya minimalis mengusung warna-warna earth tones, hitam serta putih. Saat memilih warna untuk furnitur dan aksesoris ruangan, hal yang paling menantang adalah bagaimana cara memadupadankan warna-warna tersebut agar ruang keluarga bergaya minimalis tersebut tidak berubah menjadi membosankan dan terkesan dingin.
wallpaper ruang keluarga
Apabila cat dinding biasa dianggap dingin dan membosankan, wallpaper atau kertas dinding adalah solusi yang tepat. Penggunaan wallpaper menyediakan berbagai motif dengan bermacam-macam warna untuk memperindah ruang keluarga bergaya minimalis ini. Akan tetapi, untuk menjaga keminimalisan dalam ruang keluarga tersebut, pilihlah wallpaper yang memiliki pola sederhana, contohnya pola geometris. Perhatikan pula kombinasi warna wallpaper tersebut, jangan sampai tidak sesuai dengan color palette yang telah ditentukan.

Kreativitas, Bahan Utama dalam Mendesain

dekorasi dinding ruang keluarga
Kreativitas adalah hal yang sangat dibutuhkan ketika mendesain ruang keluarga bergaya minimalis. Kreativitas diperlukan untuk membuat tampilan ruangan lebih indah dan menarik. Di sini lah seseorang bisa memasukkan karakteristik pribadinya ke dalam desain ruang keluarga bergaya minimalis. Karakteristik pribadi tersebut dapat diterapkan pada pemilihan dekorasi dinding, pemilihan bentuk dan jenis furnitur, dan masih banyak lagi.

Kenyamanan Meningkat dengan Karpet Lantai

karpet ruang keluarga
Selain dinding dan furnitur, hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah lantai ruang keluarga bergaya minimalis. Jika keluarga yang menghuni rumah tersebut memiliki anak kecil, atau keluarga tersebut senang untuk duduk dan tidur-tiduran di lantai, jangan ragu-ragu untuk memasang karpet. Ada banyak jenis karpet di pasaran, seperti karpet nilon, karpet viscose, dan karpet wol. Semua karpet-karpet tersebut memiliki bahan dan tekstur khas masing-masing. Sesuaikan jenis karpet dengan kebutuhan, sehingga ruang keluarga bergaya minimalis menjadi homey dan nyaman untuk digunakan beraktivitas.

Perlu diingat, karpet merupakan salah satu tempat yang berpotensi memiliki sarang kuman. Oleh karena itu, bersihkan karpet secara berkala sehingga kuman-kuman tersebut tidak membahayakan keluarga. Ingat, ruang keluarga yang nyaman adalah ruang keluarga yang bersih dan sehat. Jangan biarkan kuman-kuman penyakit mengganggu kebahagiaan keluarga.

Tidak dapat dipungkiri lagi, ruang keluarga adalah tempat para anggota keluarga untuk berkumpul dan bersantai bersama. Ruang keluarga berperan besar dalam membangun bonding antar anggota keluarga. Oleh karena itu, desain ruang keluarga perlu diperhatikan dengan seksama agar tujuan tersebut bisa dicapai. Selamat menikmati family time yang berkualitas! ▪NHF

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage