Memilih Sprei Yang Sesuai Untukmu!

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Senin, 17 Desember 2018

Memilih Sprei Yang Sesuai Untukmu!

Di dalam kamar tidur, ada berbagai macam barang. Mulai dari meja, lemari, karpet, kasur dan bantal, sprei, gorden dan lainnya. Hampir seluruh yang ada di dalam kamar terbuat dari bahan tekstil. Bahan tekstil banyak sekali jenisnya. Tekstil alami dan tekstil sintesis, tekstil yang berbahan halus dan berbahan kasar, tekstil yang tahan air, dan tekstil jenis lainnya.

Kasur dan Sprei
Sumber : overstock.com

Sprei adalah salah satu perlengkapan kamar yang terbuat dari tekstil. Dengan adanya beragam jenis tekstil, tentunya sprei pun memiliki beragam jenis juga. Tidak semua sprei dapat sesuai dengan semua orang. Maka diperlukan perhatian khusus dalam memilih sprei untuk kasur.

Sebelum memilih sprei yang akan digunakan untuk kamar tidur anak maupun kamar tidur utama, simak dulu bahan-bahan tekstil yang biasa digunakan menjadi sprei.

Sprei Bahan Cotton

Tekstur Bahan Katun
Tekstur Bahan Cotton atau Katun (Sumber : candh.co.uk)

Sprei cotton atau katun terbuat dari kain tekstil berbahan alami. Sprei katun sering dijuluki sebagai sprei dua musim. Kenapa? Karena sprei katun dapat menyerap udara panas di musim panas dan dapat berevaporasi, sehingga bahan sprei katun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hampir semua iklim.

Selain itu sprei katun dapat menyerap keringat dengan baik karena memiliki daya serap yang tinggi, sehingga tidak membuat pengguna nya merasa kepanasan. Sprei katun juga tahan lama, lembut, pembersihan dan perawatan yang mudah, dan harga yang relatif terjangkau. Katun pun memiliki beberapa jenis berbeda, misalnya Egyptian cotton yang termasuk jenis kain mewah dan harga yang cukup mahal.

Egyptian cotton berasal dari kapas yang tumbuh di iklim tropis yang kering di Afrika Utara. Katun jenis ini memiliki serat yang panjang, sehingga kain yang dihasilkan sangat lembut, halus, dan bermutu tinggi.

Sprei Eco-friendly Berbahan Bambu

Tekstur Bahan Serat Bambu
Tekstur Bahan Serat Bambu (Sumber : shamaldesigns.com)

Saat ini, dunia fashion sedang berkembang menjadi industri yang lebih ramah lingkungan dengan mengedepankan eco-friendly product. Salah satu faktor dari produk-produk yang ramah lingkungan adalah bahan tekstil yang digunakan. Bahan ramah lingkungan yang sedang trend digunakan adalah bahan kain dari serat bambu.

Mungkin awalnya ada yang belum familiar dengan kain yang berasal dari bambu. “Bagaimana bisa bambu yang keras berubah menjadi kain?”. Siapa sangka, bahwa bambu yang terlihat keras dapat berubah menjadi kain yang halus, lembut, dan sangat nyaman digunakan.

Bambu mengandung anti-mikroba alami, sehingga sprei yang menggunakan kain ini akan bisa mengurangi kemungkinan bakteri yang menempel di kasur. Selain itu, bahan bambu juga terkenal breathable yang membuat kasur menjadi sejuk karena tidak akan menyimpan hawa panas.

Sprei Bahan Linen

Tekstur Bahan Linen
Tekstur Bahan Linen (Sumber : kingdompaths.com)

Bahan linen terkenal sebagai anti-alergi, sehingga sangat cocok untuk yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, kain linen juga dapat menyerap kelembapan, dapat mengering dengan baik, dan tahan lama.

Sprei Bahan Polyester

Tekstur Bahan Polyester
Tekstur Bahan Polyester (Sumber : lesouk.com)

Bahan polyester adalah kain sintesis yang berbahan dasar plastik, itulah sebabnya polyester tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Bahan polyester sering digunakan sebagai bahan jaket, baju, sprei, dll. Dalam penggunaan nya, polyester biasa digabungkan dengan bahan katun atau linen yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Kain campuran polyester dan katun/linen bisa menjadi sprei yang nyaman digunakan. Karena memiliki kehangatan, lembut, dan sedikit tahan air (hal ini tergantung berapa persen bahan polyester yang terkandung didalam sprei tersebut). Bahan polyester sangat mudah kotor, namun kita akan kesulitan saat membersihkannya.

Seprei Berbahan Flanel

Tekstur Bahan Flannel
Tekstur Bahan Flannel (Sumber : alibaba.com)

Sprei berbahan flanel ini sangat cocok jika digunakan untuk rumah yang berada di dataran tinggi dengan suhu yang relatif dingin. Sprei flanel bisa menghangatkan badan saat kita tidur. Dan menurut pendapat ahli, menggunakan sprei berbahan flanel lebih bagus daripada menggunakan penghangat saat kita tidur.

Sprei flanel memiliki 2 jenis, yaitu : Katun flanel dan micro flannel. Bahan flanel dapat menyerap cairan dan kelembapan dengan sangat baik dan lembut. Jika kita mempunyai kulit yang sensitif, micro flannel bisa menjadi solusinya. Micro flannel mempunyai serat yang lebih halus daripada katun flanel, sehingga memiliki permukaan yang lebih lembut.

Sprei yang dipilih dengan baik dapat membuat tidur kita lebih nyaman. Selain itu, pemilihan kasur dan bantal juga bisa berpengaruh banyak terhadap kualitas tidur. Selamat memilih sprei yang cocok untukmu. ▪AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage