Yuk Kenali Kasur dan Bantal yang Cocok Untukmu!

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 15 Desember 2018

Yuk Kenali Kasur dan Bantal yang Cocok Untukmu!

Pada beberapa artikel yang lalu, kita sudah pernah membahas tentang kamar tidur utama. Mulai dari inspirasi desain hingga segala faktor yang harus diperhatikan agar kamar menjadi nyaman. Selain itu, kita juga pernah membahas tentang 7 Faktor Dalam Mendesain Kamar Bayi. Jika kita perhatikan, salah satu faktor penting yang terdapat di keduanya adalah tentang pemilihan tempat tidur.

Tempat tidur biasanya terdiri dari ranjang (rangka tempat tidur), kasur, bantal, guling, dan bahan tekstil pelengkap tempat tidur (Seprei, selimut, cover bed, dll). Dalam memilih hal-hal diatas, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebelum kita membeli kasur, bantal atau guling, ada banyak hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Kenali karakterisitik bahan
  2. Cari tahu daya tahan dan kualitasnya
  3. Perhatikan desain
  4. Kemudahan dalam membersihkannya

Yuk kita mengenal tentang beragam jenis kasur dan bantal yang paling cocok untuk kita gunakan.

Berbagai Jenis Kasur

Kasur
Sumber : blanja.com

Jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan kasur dan bantal sangat beragam. Sebelum membeli kasur maupun bantal, ada baiknnya kita mengenal tentang jenis bahan yang biasa digunakan dalam proses pembuatannya.

Terdapat 5 Jenis kasur yang biasa digunakan :

Kasur “Spring Bed


Bagian Dalam Kasur Spring Bed
Sumber : sleepadvisor.com

Kasur ini memiliki pegas spiral di dalamnya yang membuat kasur ini menjadi mudah naik turun (membal) dan membuatnya menjadi empuk. Terdapat 2 jenis kasur spring bed, yaitu innerspring dan hybrid. Perbedaan dari keduanya terdapat pada permukaan kasur setelah lapisan pegas.

Innerspring bed tidak memiliki lapisan “memory foam”, sehingga biasanya pada sebagian merk akan menimbulkan suara saat kita berpindah posisi tidur. Bagi orang yang sensitif, mungkin suara tersebut akan mengganggu. Sedangkan pada kasur hybrid memiliki lapisan “memory foam” yang membuatnya lebih nyaman dari kasur innerspring.

Kasur Busa


Kasur Busa
Sumber : pepperfry.com

Kasur busa memiliki harga yang relatif lebih murah daripada spring bed, karena hanya murni terbuat dari busa dan tidak memiliki pegas di dalamnya. Kasur busa biasanya memiliki daya tahan yang bisa dibilang lebih singkat dari kasur spring bed.

Kasur Kapuk


Kasur Kapuk
Sumber : inthebox.id

Kasur kapuk paling banyak digunakan di Indonesia sejak dulu. Kelebihan dari kasur kapuk adalah bahannya yang empuk dan harganya yang terjangkau. Salah satu kekurangan kasur kapuk adalah harus rajin dijemur dan ditambahkan kembali kapuknya agar bisa tetap empuk, jika tidak kasur akan menjadi keras dan bisa menyebabkan sakit punggung.

Kasur Lateks


Kasur Lateks
Sumber : magentamattresses.com

Kasur lateks memiliki lubang-lubang udara yang membantu elastisitas kasur. Selain itu, kasur lateks juga memiliki kelebihan pada permukaannya yang nyaman dan lembut. Warna kekuningan dari kasur lateks adalah hasil dari proses pemurnian lateks.

Kekurangan dari kasur lateks adalah tidak tahan dengan cahaya matahari langsung dan tidak tahan panas, maka harus dijaga dengan baik. Kasur lateks juga tidak bisa digunakan bersama selimut pemanas. Selain itu, kasur lateks merupakan kasur yang paling susah didapat dan tentunya memiliki harga yang mahal.

Kasur Memory Foam
Kasur ini dirancang oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Kasur ini memiliki kelebihan utama yaitu, dapat menyebarkan berat dan membuatnya tidak tertumpu di tulang belakang. Kasur ini lebih tahan lama daripada kasur busa dan spring bed, harganya pun tidak semahal kasur lateks. Namun, kasur ini sulit untuk dibersihkan.

Fakta unik tentang kasur memory foam : “Kasur ini bisa menjadi sangat keras maupun sangat lembut. Tingkat kekerasan ataupun kelembutan dari kasur ini tergantung pada suhu di lingkungan sekitar.”

Berbagai Jenis Bantal

Terdapat 3 Jenis bahan bantal yang populer di Indonesia, ada yang terbuat dari bahan alami dan ada juga yang sintetis.

Bantal Kapuk

Bantal Kapuk
Sumber : alibaba.com

Bantal ini terbuat dari bahan alami, yaitu biji kapuk. Seperti halnya kasur kapuk, bantal ini juga harus rajin di jemur untuk mempertahankan kelembutannya serta harus sering ditambahkan kapuk kembali. Harganya pun cukup terjangkau.

Bantal Lateks

Bantal Lateks
Sumber : homedepot.com

Bantal lateks merupakan salah satu bantal dengan terbaik. Bantal lateks memiliki kelembutan, fleksibilitas yang baik, dan rongga-rongga pada permukaan yang membuatnya menjadi dingin. Bahannya terbuat dari proses sintesa karet. Singkatnya, bantal lateks adalah kasur lateks yang berukuran kecil.

Bantal Dakron

Bantal Dakron
Sumber : archiproducts.com

Bantal ini memiliki fleksibilitas dan topangan yang baik. Dengan perawatan yang baik, maka bantal dakron dapat memiliki ketahanan seperti bantal lateks. Selain itu, kelebihan bantal ini adalah : tidak menimbulkan alergi, aman bagi leher, awet, dan mudah dicuci (bisa menggunakan tanagn ataupun mesin cuci).

Jika hal-hal diatas kita perhatikan dengan seksama sebelum membeli kasur maupun bantal, tentu hasil yang akan kita dapatkan adalah kenyamanan dan kualitas tidur yang optimal. Selamat memilih kasur dan bantal, dan selamat istirahat. ▪AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage