Mengaplikasikan Style ‘Urban Modern’ Pada Ruang Keluarga

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Senin, 31 Desember 2018

Mengaplikasikan Style ‘Urban Modern’ Pada Ruang Keluarga

Salah satu style desain interior yang tidak akan hilang oleh zaman adalah desain interior bergaya urban modern. Desain interior bergaya urban sudah mulai marak di Indonesia sejak tahun 2012. Terbukti hingga kini, style urban modern masih kerap digunakan. Tetapi mungkin masih ada diantara kita yang belum terlalu mengenal salah satu gaya interior ini.

Style urban modern sebenarnya adalah versi lebih simpel dan soft dari gaya industrial, modern, dan kontemporer. Gaya desain interior urban modern sangat cocok untuk kita yang tinggal di perkotaan, karena desain ini lebih memfokuskan pada kenyamanan dan keunikan pada ruangan. Tentunya sangat sesuai dengan tujuan dari gaya urban modern yaitu menciptakan ‘oasis’ ditengah hiruk-pikuk kehidupan kota.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara desain minimalis dengan desain urban modern. Salah satu perbedaannya adalah dalam penggunaan aksesoris ataupun dekorasi didalam ruangan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gaya urban modern, berikut adalah panduan untuk mendesain ruang keluarga bergaya urban modern.

Berikan Sentuhan Kelembutan

Sentuhan Kelembutan Pada Ruangan
Sumber : pinterest.com

Gaya urban modern terinspirasi dari gaya kontemporer dan industrial, namun disajikan dengan lebih halus. Ruang keluarga bergaya urban modern memiliki sisi yang lembut; mulai dari pemilihan tone warna, desain furniture yang kuat namun tetap lembut untuk berelaksasi. Apakah maksud kata ‘lembut’?

Gaya industrialis dan kontemporer identik dengan penggunaan furniture yang berbahan dasar besi atau alumunium yang kuat dan keras. Pada gaya urban modern furniture berbahan besi dipadukan dengan busa, sehingga lebih nyaman saat diduduki oleh penghuninya.

Desain interior bergaya urban modern lebih mengedepankan pada kenyamanan dan keceriaan, maka kuncinya adalah bagaimana cara untuk kita menyatukan semua unsur kedalam sebuah ruangan. Pemilihan furnitur harus sesuai agar bisa mendukung ruangan yang playful dan unik.

Warna Yang Menenangkan

Warna Ruangan
Sumber : pinterest.com

Dalam pemilihan warna kita harus kembali pada tujuan awal dari desain urban modern, yaitu : “Menciptakan oasis ditengah hiruk-pikuk kota”. Warna-warna pastel sering kali digunakan, namun tidak salah juga bila menggunakan warna yang mecolok atau ‘ngejreng’ pada beberapa unsur dalam ruangan untuk menciptakan kesan colorful.

Pada desain interior bergaya urban modern, dinding biasanya memiliki warna-warna netral seperti putih, abu, krem, dll. Untuk membangkitkan kesan playful, kita bisa memainkan warna pada furniture atau aksesoris yang ada pada ruangan. Selain itu, kita bisa menambahkan motif unik, seperti geometri, garis zig-zag, dll.

Perbedaan Ukuran Yang Unik

Perbedaan Ukuran Furniture
Sumber : pinterest.com

Dalam mendesain ruang keluarga bertema urban modern, bermain dengan ukuran sangat dianjurkan. Ukuran furniture yang berbeda-beda membuat kita tidak terlalu repot dalam mencocokkan berbagai unsur. Itulah salah satu keunikan dari gaya desain ini. Tetapi ingatlah untuk tetap memperhatikan keapikan desain ruangan.

Saat bermain dengan ukuran, pastikan juga tentang estetika dari ruangan tersebut. Selain perpaduan antara furniture besar dan kecil, pencahayaan yang baik sangat diperlukan. Misalnya penggunaan lampu yang kontras dengan ruangan, sehingga bisa membuat ruang keluarga terlihat lebih elegan.

Aksesoris Penghias Ruangan

Tanaman Penghias Ruangan
Sumber : pinterest.com

Penambahan tanaman dalam ruang keluarga bisa memberikan kesan fresh dan natural pada ruang keluarga bergaya urban, selain itu juga bisa menambah warna pada ruangan. Kanvas yang berisi lukisan atau foto yang sudah dimodifikasi (WPAP, Vektor,dll) juga bisa menjadi salah satu aksesoris unik.

Lampu meja maupun standing lamp berbahan alumunium bisa menjadi aksesoris unik pada ruangan. Pilihlah standing lamp yang memiliki desain yang anti-mainstream. Saat memilih aksesoris untuk ruang keluarga bergaya urban modern, jangan berlebihan dan usahakan memiliki nilai dan fungsi tersendiri.

Desain Ruangan Berkelanjutan

Ruangan Berkelanjutan
Sumber : pinterest.com

Setiap orang pasti menginginkan setiap ruangan pada rumah memiliki desain-desain yang berbeda. Namun, tentunya sangat tidak enak dipandang jika ruang-ruang tersebut tidak saling berkesinambungan. Maka dari itu, diperlukan suatu hal yang bisa menyambungkan tema antar ruang. Bagaimana caranya?

Salah satu cara yang cerdas dan sederhana untuk mempertahankan konsistensi antar ruang adalah dengan tone warna yang seragam pada ruang urban modern. Konsistensi warna ini bisa diaplikasikan pada dinding, furniture yang digunakan dan berbagai bahan kain tekstil. Hal inilah yang membuat desain interior urban modern bisa menyatu antara satu dengan lainnya.

Sudut Personalisasi

Personalisasi Ruang Keluarga
Sumber : pinterest.com

Dalam mendesain ruang keluarga bergaya urban modern kita mendapat kebebasan dalam berkreasi selama tidak keluar dari tema. Pada desain ini, kita bisa mensisipkan suatu unsur tentang personality diri kita. Sebuah ruangan, paling tidak memiliki satu buah benda yang bisa menggambarkan karakter sang pemilik.

Benda yang digunakan untuk menunjukkan personality dari pemilik bisa berupa apa saja; bisa berupa lukisan, sofa atau kursi yang memiliki warna atau motif yang mencolok, atau penataan lampu yang menarik.

Kreatifitas sangat diperlukan dalam mendesain ruang keluarga bergaya urban modern, asalkan tidak keluar dari tema dan tetap nyaman tentunya. Kita bisa menuangkan personality kita dalam ruangan tersebut. Kita juga bisa menciptakan features of interest dalam ruang keluarga. Berikut adalah beberapa inspirasi ruang keluarga bergaya urban modern.


















Selamat berkarya dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. ▪AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage