Poin Penting Mengenai Desain Kamar Tidur Anak

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Jumat, 30 November 2018

Poin Penting Mengenai Desain Kamar Tidur Anak

Kamar tidur anak adalah tempat di mana si kecil beristirahat dan bermain, tumbuh dan berkembang. Anak-anak membutuhkan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan, yang dapat membantu perkembangan mereka. Salah satu lingkungan yang sering bersentuhan dengan anak-anak adalah kamar tidur milik mereka.

Ketika membuat desain kamar tidur anak, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Luas ruangan yang ada, umur si anak dan banyaknya anak yang menempati kamar tersebut adalah salah satu dari berbagai hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat desain kamar tidur anak

Jumlah Anak

Kasur Tingkat Untuk Anak
Sumber : ikea.com

Bunk bed atau tempat tidur tingkat adalah rangkaian tempat tidur yang disusun ke atas. Apabila desain kamar tidur anak tersebut akan dihuni oleh lebih dari satu anak, tempat tidur tingkat adalah pilihan yang tepat. Selain untuk menghemat tempat, anak-anak juga menganggap tempat tidur tingkat sangat menyenangkan.

Jangan lupa untuk memperhatikan keamanan tempat tidur tingkat yang digunakan untuk desain kamar tidur anak.

Ukuran Ruangan

Hal paling signifikan yang terlihat dari perbedaan luas kamar tidur anak adalah jenis tempat tidur.

Tempat tidur berukuran single lebih cocok untuk desain kamar tidur anak yang berukuran kecil. Menggunakan tempat tidur berukuran double hanya akan membuat ruang gerak anak menjadi semakin terbatas.

Selain menggunakan tempat tidur berukuran single, cara menyiasati desain kamar tidur anak yang berukuran kecil adalah dengan menggunakan tempat tidur tingkat. Tempat tidur bagian bawah bisa digantikan dengan meja belajar atau lemari pakaian.

Umur Anak

Anak Bermain Dikamar
Sumber : aroomforeveryone.blogspot.com

Umur-umur prasekolah adalah saat-saat di mana anak sedang aktif bermain dan bergerak kesana kemari. Anak membutuhkan ruang lapang yang cukup luas untuk beraktivitas. Pada desain kamar tidur anak, berikanlah sepetak ruang kosong yang dilapisi karpet untuk tempat anak bermain dengan aman dan nyaman.

Lain halnya bagi anak-anak berumur tujuh tahun ke atas. Anak-anak yang sudah menginjak bangku sekolah dasar membutuhkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan PR dan tugas-tugas dari sekolah. Akan tetapi, definisi nyaman bagi tiap anak mungkin berbeda. Ada anak yang lebih senang belajar dengan duduk di atas kursi, ada pula yang lebih memilih untuk belajar lesehan di lantai.

Bagi anak yang lebih senang belajar dengan duduk di atas kursi, berikan ia meja belajar yang berukuran pas dengan kursi pasangannya. Meja belajar yang terlalu rendah akan menyebabkan punggung anak menjadi bungkuk, sedangkan meja belajar yang terlalu tinggi akan membuat mata anak menjadi rusak karena jarak mata dengan buku kurang dari jarak aman.

Untuk anak-anak yang lebih nyaman belajar dengan duduk di lantai, sediakan floor table untuk alas menulis sehingga anak tidak perlu membungkuk ketika sedang mengerjakan PR. Floor table yang cukup besar bahkan dapat pula untuk digunakan sebagai alas bermain anak dengan teman-temannya.

Dinding Kamar Anak

Anak Menggambar di Dinding
Sumber : onairwithryan.iheart.com

Sudah menjadi hal umum bahwa anak-anak senang mencorat-coret dinding, terutama para balita. Daripada mengeluarkan biaya lebih untuk mengecat ulang kamar tidur anak, catlah sebagian dinding kamar tidur anak dengan menggunakan blackboard paint atau cat papan tulis. Sehingga anak-anak leluasa mencoret-coret dinding dan jika sudah selesai bisa dihapus.

Lantai Kamar Anak


Saat berumur 4- 10 tahun, anak-anak masih mengembangkan ketrampilan psikomotoriknya. Mereka senang melompat, berlari dan memuaskan rasa ingin tahunya dengan banyak cara. Di saat usia ini, disarankan agar kamar tidur anak tidak terlalu banyak furniture sehingga anak-anak bebas berlari dan melompat serta melakukan aktifitas lain di kamarnya.

Hal yang paling utama adalah memberikan ruang gerak yang cukup bagi anak.

Anak-anak senang sekali bermain-main di lantai. Bagi mereka, lantai memberikan kebebasan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sofa atau furnitur lainnya. Di samping furnitur-furnitur utama seperti tempat tidur, lemari pakaian dan lainnya, jangan lupa sediakan sepetak area yang bebas dari furnitur apapun. Area tersebut bisa dilapisi dengan karpet.

Tempat Penyimpanan Barang Anak

Storage Untuk Barang Anak
Sumber : (1) pinterest.com, (2) elo7.com.br

Tempat-tempat penyimpanan untuk barang-barang anak juga perlu diperhatikan. Anak-anak memiliki banyak barang pribadi, seperti pakaian, buku, dan mainan. Untuk menghindari kondisi kamar yang berantakan karena mainan-mainan yang berserakan, sediakan keranjang atau rak untuk menyimpan barang-barang tersebut. Kamar anak akan menjadi rapi.

Poin-poin yang disebutkan di atas hanyalah garis besar dari berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. ▪NHF

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage