Memilih Furniture Apartemen Bergaya Minimalis serta Cara Merawatnya

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 17 November 2018

Memilih Furniture Apartemen Bergaya Minimalis serta Cara Merawatnya

Apartemen menjadi hunian yang diminati belakangan ini. Setiap orang pasti ingin memiliki hunian yang nyaman untuk ditinggali, oleh sebab itulah dibutuhkan penataan ruang yang tepat dalam hunian kita. Dalam proses interior design atau penataan ruang dalam apartemen, salah satu kunci utama adalah pemilihan furniture yang akan digunakan pada apartemen tersebut.

Mengapa? Hal ini dikarenakan apartemen memiliki keterbatasan ruang. Sehingga jika salah memilih bentuk, ukuran maupun bahan, maka akan mempengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan. Maka dari itu, pemilihan furniture untuk apartemen memerlukan perhatian khusus.

Bahan ataupun material yang digunakan dalam memilih furniture pun perlu diperhatikan. Setiap material memiliki karakteristik dan kekuatan yang berbeda, serta pasti memiliki cara perawatan dan penanganannya masing-masing.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk memilih furniture dalam apartemen serta cara merawatnya agar selalu bersih dan sehat.

Furniture Multifungsi

Furniture Multifungsi
Sumber : homeworlddesign.com

Furniture dalam apartemen harus dipilih yang memiliki fungsi lebih dari satu atau sering disebut sebagai perabotan multifungsi. Perabotan multifungsi mempunyai banyak keuntungan, salah satunya adalah penghematan ruangan. Contohnya adalah tempat penyimpanan barang (kontainer kecil) yang dipergunakan juga sebagai meja.

Contoh lainnya adalah penggunaan sofa yang sekaligus menjadi tempat tidur atau dikenal juga dengan sebutan sofa bed. Sofa bed memungkinkan pemiliknya untuk merubah sofa tersebut menjadi tempat tidur yang nyaman, tetapi saat tidak dibutuhkan akan menjadi sofa yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai. Biasanya sofa bed dipilih oleh kalangan muda yang tinggal di apartemen tipe studio.

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya dalam artikel “Apartemen Bergaya Minimalis Yang Fungsional” tentang penataan ruang di apartemen, penggunaan furniture multifungsi dapat juga menciptakan ruang gerak yang lebih luas dan fleksibel di dalam apartemen untuk penghuninya melakukan aktivitas.

Efektifitas Ruangan

Dalam penataan ruangan kita harus bisa memaksimalkan setiap pojok atau sudut dalam ruangan tersebut. Masyarakat biasanya hanya terpaku untuk meletakkan furniture nya di bagian lantai saja. Sedangkan kita masih memiliki ruang yang cukup luas pada dinding untuk meletakkan furniture. Contohnya dengan menggunakan rak-rak penyimpanan yang ditempelkan di dinding apartemen.

Rak Dinding Tingkat
Sumber : homebnc.com

Untuk memaksimalkan penggunaan rak penyimpanan pada dinding, kita bisa menggunakan penyusunan rak dengan sistem layer. Seperti namanya, rak-rak penyimpanan akan disusun di dinding dengan beberapa lapisan atau tingkatan. Selain dapat menyimpan barang lebih banyak, juga bisa menjadi dekorasi pada dinding apartemen.

Corner Book Shelf
Sumber : amazon.com

Sudut ruangan biasanya hanya menjadi spot kosong saja. Padahal setiap sudut dan selah ruangan juga perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Penggunaan rak bertingkat pada sudut-sudut ruangan yang di desain khusus agar pas menempel pada pojok ruangan, bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang ataupun dekorasi seperti tanaman hias.

Furniture yang sesuai dengan Gaya Apartemen

Sebuah hunian bisa menjadi sebuah cerminan dari diri pemiliknya. Gaya yang dipilih dalam mendesain interior ruangan pun beragam tergantung dengan kepribadian ataupun kesukaan dari pemiliknya. Furniture pun harus dipilih agar bisa tetap sesuai dengan gaya hunian yang diinginkan.

Furniture Sesuai Gaya Apartemen
Sumber : pinterest.com

Bentuk desain dari furniture juga dapat mempengaruhi keindahan ruangan. Maka dalam memilih furniture apartemen dengan gaya minimalis, pilihlah furniture yang mempunyai desain yang unik dan sederhana.

Furniture dengan Konture Unik

Gaya apartemen minimalis biasanya identik dengan furniture dengan bentuk biasa. Interior apartemen minimalis sering terpaku dengan garis lurus yang kaku. Karenanya, perlu juga untuk menambahkan kontur-kontur yang indah dan unik melalui furniture yang digunakan.

Furniture Kontur Lengkung
Sumber : kampanyapazari.com

Kontur lengkung pada furniture bisa menghilangkan kesan monoton dari desain interior apartemen minimalis, misalnya penggunaan meja makan yang berbentuk bundar, meja kopi berbentuk oval, kursi malas dengan bentuk yang anti-mainstream, hingga area santai dengan rak buku yang memiliki bentuk unik.

Pilih Warna apa untuk Furniture Apartemen?

Selain dari bentuk yang unik dan sesuai dengan gaya apartemen, pemilihan warna pun tidak kalah pentingnya. Pemilihan warna furniture yang tidak tepat, tentunya akan menimbulkan perasaan aneh dan janggal. Biasanya warna furniture akan menyesuaikan dengan tone warna pada area ruangan.

Terdapat 2 jenis palette warna yang biasa digunakan, warna cerah dan warna gelap. Jika kita mengecat dinding menggunakan warna-warna cerah seperti putih, krim atau abu-abu, pilihlah furniture yang memiliki warna agak gelap. Begitupun sebaliknya, saat kita mengecat dinding dengan warna yang gelap, maka pilihlah furniture yang berwarna cerah.

Furniture Kontras
Sumber : samsung.id

Furniture akan lebih indah jika memiliki warna yang kontras dengan area ruangan (terutama dinding). Warna kontras pada furniture akan menghilangkan kesan monoton pada ruangan serta memberikan perpaduan warna yang indah dilihat mata.

Tips Merawat Furniture di Apartemen

Setelah memilih dan menentukan furniture apartemen yang akan digunakan, tentunya kita harus tahu cara untuk merawatnya. Berikut tips untuk merawat furniture di dalam apartemen kita agar selalu bersih dan bebas kuman penyakit.

Pertama, bersihkanlah apartemen secara teratur setiap harinya. Seperti menyapu lantai, membersihkan sofa dengan vacuum cleaner dan membersihkan debu pada barang. Selain itu, ruangan yang biasa menjadi perkembangbiakan penyakit seperti kamar mandi dan dapur harus rutin dibersihkan. Perlu juga dilakukan pembersihan mendalam secara berkala, misalnya setiap 1 atau 2 bulan sekali.

Kedua, barang-barang selalu pada tempatnya. Setelah menggunakan barang, ada baiknya kita langsung menyimpannya kembali pada tempatnya. Penempatan benda-benda (jaket, buku, dll) secara sembarang pastinya akan membuat berantakan, sulit menemukan barang dan membuat tidak nyaman. Selain itu, ada baiknya kita menata ulang ruangan secara berkala yang disertai dengan pembersihan mendalam.

Ketiga, jagalah tempat sampah selalu bersih. Tempat sampah bisa kita lapisi dengan kantung plastik bekas dengan tujuan agar saat ingin membuangnya akan lebih mudah. Kita juga harus menjaga tempat sampah selalu bersih. Jika tempat sampah dalam apartemen sudah penuh, segeralah untuk membuangnya.

Keempat
, perhatikan suhu dan kelembapan dalam ruangan. Beberapa material furniture (terutama kayu) sangat rentan terhadap kelembapan suhu di sekitarnya. Suhu ruangan yang lembab atau bahkan sering terkena basah membuat furniture berbahan kayu mudah terkena jamur dan menjadi rapuh.

Kelima, buatlah jadwal piket. Jika kita tinggal di apartemen bersama keluarga, ada baiknya kita membuat jadwal agar dapat membersihkan ruangan secara keseluruhan tanpa memberatkan pada satu orang saja. Jadwal piket juga bisa membantu dalam memantau kegiatan bersih-bersih yang kita lakukan.

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk memilih furniture apartemen yang akan kita gunakan beserta cara merawat agar apartemen kita selalu bersih dan sehat. Dalam mendesain interior, kita bisa juga berkonsultasi dan meminta bantuan dari arsitek agar lebih mudah mewujudkan hunian impian kita. ▪AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage