Apartemen Bergaya Minimalis yang Fungsional

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Selasa, 13 November 2018

Apartemen Bergaya Minimalis yang Fungsional

Pada abad ke-21 ini, masyarakat cenderung hidup dengan diiringi oleh hal-hal yang simpel namun fungsional. Hal ini lah yang menyebabkan gaya rumah minimalis sangat diminati oleh masyarakat. Tidak hanya pada rumah saja, apartemen pun banyak yang mengadaptasi gaya minimalis dalam interiornya.

Gaya minimalis menawarkan tampilan yang fresh, bersih dan yang paling utama adalah fungsional. Lain halnya dengan gaya rustik yang mengutamakan kealamian atau gaya vintage yang mengusung konsep kuno, gaya minimalis menekankan kepada fungsi dan kesederhanaan. Hal ini sangat cocok dengan tipe-tipe apartemen di Indonesia yang kebanyakan berukuran tidak terlalu besar karena menyesuaikan dengan budget pasar.

Sesuai dengan namanya yaitu “minimalis”, menata apartemen menjadi bergaya minimalis tidak butuh usaha khusus. Dengan sentuhan kecil di sana-sini, apartemen yang sebelumnya kosong pun bisa menjadi hunian bergaya minimalis yang tetap bisa menyesuaikan dengan gaya hidup penghuninya. Mari kita bahas satu per satu “sentuhan-sentuhan kecil” tersebut.

Berikan ruang terbuka di tengah apartemen

Apartemen Ruang Terbuka
Sumber : thesweethouseofmadness.com

Masyarakat milenial membutuhkan ruangan yang cukup luas dan fleksibel untuk melakukan aktivitas mereka. Tentunya kita akan merasa tidak nyaman jika harus beraktivitas di ruangan yang penuh barang dan sempit. Penataan furnitur menjadi salah satu kuncinya. Konsep desain interior apartemen minimalis yang mempunyai konsep terbuka sering jadi pilihan.

Penataan desain interior apartemen yang mempunyai konsep terbuka memiliki arti bahwa : setiap ruang dalam interior apartemen minimalis dibuat tanpa memiliki sekat atau pembatas antara ruangan yang satu dengan yang lainnya. Penataan seperti itu akan membuat ruangan area yang cukup luas pada bagian tengahnya.

Penentuan letak ruangan pada interior desain apartemen minimalis harus dicermati dengan seksama. Pemaksimalan fungsi ruangan juga menjadi kunci konsep apartemen minimalis ini, sehingga bisa memberikan kesan lebih luas dalam apartemen. Penggabungan fungsi suatu ruangan dengan ruangan lainnya dapat membuat penghuni lebih leluasa bergerak, misalnya kamar tidur yang langsung terhubung dengan ruang tengah ataupun dapur yang tergabung dengan ruang makan.

Tempat yang nyaman meningkatkan produktifitas dalam bekerja

Apartment Working Space
Sumber : maxcdn.inspirationfeed.com

Saat ini tidak sedikit masyarakat milenial yang menjadikan rumah sebagai tempat untuk bekerja. Konsep desain apartemen minimalis memberikan cukup ruang untuk penghuninya mengerjakan pekerjaannya di berbagai sudut rumah. Oleh karena itu, penataan interior dibuat senyaman mungkin untuk dapat bekerja juga.

Tahukah kamu, bahwa tempat bekerja yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, tempat kerja yang memiliki desain interior homey, santai dan fun dapat memunculkan ide-ide baru serta meningkatkan kreatifitas. Hal tersebut telah dibuktikan oleh salah satu kantor search engine terkemuka, Google.

Dalam pemilihan furnitur untuk mendukung produktifitas, harus dipilih yang aman digunakan untuk bekerja dengan laptop ataupun gadget lainnya. Masyarakat milenial juga terkenal dengan kemampuan untuk multitasking atau melakukan berbagai hal dalam satu waktu yang bersamaan, maka penempatannya juga harus diperhatikan. Tempat kerja yang mengadap ke jendela dapat membantu penghuninya dalam menemukan suatu inspirasi.

Furnitur yang multifungsi

Kasur Multifungsi
Sumber : designlike.com

Hal ini terhubung dengan poin sebelumnya yang kita bahas. Agar dapat menciptakan ruangan yang fleksibel untuk bergerak dan membuat ruangan lebih leluasa, maka diperlukan perhatian khusus dalam pemilihan furnitur. Dalam apartemen minimalis, dibutuhkan furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu.

Jika terdapat banyak barang dalam apartemen, tentunya akan menggangu kegiatan penghuninya. Pemanfaatan ruang diantara selah-selah kecil juga sangat diperlukan, misalnya pemanfaatan space bagian bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan barang. Ataupun furnitur-furnitur multifungsi yang memiliki ukuran kecil dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang favorit kita.

Dekorasi unik ala kamu!

Dekorasi Tema Musik
Sumber : hgtv.com

Tinggal dalam apartemen gaya minimalis bukan berarti kita tidak bisa mengekspresikan diri. Kita bisa mendesain interior apartemen sesuai dengan personality atau kepribadian kita masing-masing. Tidak perlu dekorasi yang terlalu berlebihan, kelebihan dalam gaya minimalis adalah kita bisa mengekspresikan diri ke dalam interior dengan hal-hal yang sederhana.

Pemilihan dekorasi yang detail dan sederhana dapat mempercantik ruangan. Seringkali apartemen di dekorasi dengan sebuah barang yang memiliki hubungan dengan kesukaan dari pemiliknya. Misalnya apartemen minimalis yang didekor menggunakan piringan hitam (vinyl) yang melambangkan kesukaan atau ketertarikan penghuninya terhadap musik-musik klasik.

Konsep perpaduan warna apartemen minimalis

Color Palette Interior Rumah
Sumber : ikaittsttt.org

Dalam pemilihan warna dalam desain interior apartemen minimalis tidak ada aturan yang terlalu ketat. Kita bebas berekspresi dan memilih warna yang disukai, seperti halnya mendekor ruangan.

Menurut Joanna Gaines, seorang interior designer mengatakan bahwa “perpaduan warna dalam desain interior apartemen minimalis yang sesuai bagi generasi milenial dengan mobilitas tinggi adalah tona warna-warna klasik sebagai warna dasar. Sebagai contoh alaha warna abu-abu yang memiliki kesan rileks ataupun warna putih yang memiliki kesan bersih dan luas”.

Setiap warna memiliki filosofi nya masing-masing. Kenapa pemilihan warna menjadi salah satu hal yang penting? Karena warna yang dipilih untuk desain interior apartemen dapat (1) menggambarkan karakteristik dari penghuninya dan (2) dapat mempengaruhi mood atau perasaan dari penghuninya. Contohnya pemilihan warna merah yang dianggap sebagai warna yang “berani” sehingga dapat meningkatkan semangat produktifitas seseorang. Contoh lainnya seperti yang disebutkan sebelumnya.

Pemilihan gaya minimalis dalam penataan apartemen tidak hanya untuk masyarakat milenial saja, namun bisa digunakan oleh berbagai generasi lainnya. Gaya minimalis dapat membuat hunian kita terlihat elegan, simple, praktis dan tentunya fungsional karena memiliki furnitur-furnitur multifungsi.

Jika mengalami kebingungan dalam penataan desain interior, jangan ragu mengkonsultasikannya kepada arsitek. Dengan bantuan arsitek, kita bisa lebih mudah dalam mewujudkan hunian impian kita. ▪NHF | AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage