6 Tips dan Cara Memilih Apartemen yang Baik

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 03 November 2018

6 Tips dan Cara Memilih Apartemen yang Baik

Jika mendengar kata “apartemen” apa yang ada di dalam pikiran kita? Tempat tinggal yang mahal? Elite? Saat hendak membeli ataupun menyewa sebuah apartemen pasti pada awalnya kita akan dihadapkan pada banyak sekali pertimbangan. Mulai dari lokasi apartemen, fasilitas apartemen, tipe-tipe apartemen, dan lain sebagainya.

Minat masyarakat Indonesia terhadap apartemen selalu meningkat setiap tahunnya. Pada 2013, jumlah apartemen baru di Jakarta sebanyak 15.068, 2014 ada 20.889 dan 2015 ada 24.854 apartemen baru di Jakarta. Walaupun akhir-akhir ini rupiah melemah, namun investasi apartemen tetap menjadi pilihan yang menarik.

Menurut Panangian Simanungkalit, seorang pakar properti dan Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI). “Apartemen tetap dianggap pilihan yang tepat untuk berinvestasi meski tahun ini nilai rupiah masih merosot”.

Rupiah yang terus merosot membuat harga apartemen pun ikut mengalami kenaikan. Maka dari itu, banyak orang maupun developer apartemen yang membeli atau membuat apartemen untuk bisa disewakan kembali. Saat ini memang sedang marak trend untuk sewa apartemen dengan harga murah. Alasan tersebutlah yang membuat banyak orang beralih ke sistem sewa apartemen bulanan.

Sistem sewa apartemen dengan harga murah juga menarik perhatian kelompok mahasiswa. Saat ini tidak sedikit mahasiswa yang beralih dari kos-kosan kamar menjadi sebuah unit apartemen, harganya yang relatif hampir sama adalah salah satu alasannya. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan di apartemen pun lebih banyak dan beragam.

Sebelum memilih apartemen yang akan dibeli ataupun disewa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah tips dan cara memilih apartemen yang baik.

Lokasi Apartemen

Peta Lokasi Apartemen
Peta Lokasi Apartemen | Sumber : transparkbekasi.id

Letak apartemen yang strategis menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Jika apartemen tersebut dekat dengan pusat perbelanjaan dan layanan publik lainnya seperti: bank, restoran, stasiun, dan lain sebagainya. Maka apartemen tersebut bisa menjadi pilihan. Selain itu, pertimbangkan juga tentang jarak apartemen dengan tempat kerja maupun kampus kita.

Apakah letak dari apartemen tersebut dekat dengan tempat kerja maupun kampus kita? Walaupun harga sewa apartemen yang kita tinggali menarik, tetapi jika jarak untuk ke tempat kerja relatif jauh, maka tidak akan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar setiap bulannya.

Fasilitas Apartemen

Fasilitas Kolam Renang
Fasilitas Kolam Renang | Sumber : pprincess.com

Hal ini termasuk aspek paling penting dalam memilih apartemen yang terbaik untuk ditinggali. Apa saja fasilitas yang tersedia di apartemen tersebut? Seberapa lengkap fasilitas yang ada? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa kita tanyakan saat hendak membeli atau menyewa sebuah apartemen.

Penggunaan smartphone dan internet saat ini tidak bisa dikesampingkan, maka fasilitas wifi dengan koneksi internet yang cepat pasti menjadi aspek yang penting. Selain itu, fasilitas sarana olahraga dan kesehatan yang tersedia seperti pusat kebugaran (gym), kolam renang, lapangan tenis, klinik kesehatan, apotik, laundry dan lain-lainnya juga harus diperhatikan.

Dalam area sekitar apartemen yang baik juga harus tersedia pusat perbelanjaan seperti minimarket ataupun supermarket, yang dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai penghuni apartemen. Sehingga penghuni apartemen bisa dengan mudah mendapatkan kebutuhan kesehariannya. Semakin banyak kemudahan yang diberikan oleh developer apartemen, maka apartemen tersebut semakin baik (recomended) untuk dipilih.

Ingat juga untuk memastikan fasilitas pokok dari apartemen yang akan kita tinggali, seperti air dan listrik. Apa yang harus diperhatikan? Pastikan listrik di apartemen yang akan kita tinggali tidak mudah padam, tentunya kita tak akan merasa nyaman jika sering terjadi pemadaman listrik. Sedangkan untuk air, pastikan memiliki sistem perairan yang baik dan bersih serta dapat mengalir dengan deras.

Developer Apartemen yang Terpercaya

Sketsa Bangunan Apartemen
Sumber : doradoproperty.com.au

Karena banyaknya permintaan pasar akan kebutuhan apartemen sebagai tempat tinggal, maka semakin banyak pula developer-developer yang berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan tersebut dengan membuat apartemen yang berada di tempat strategis, fasilitas yang lengkap, harga yang terjangkau, dan penawaran-penawaran yang menarik lainnya.

Banyaknya developer apartemen membuat kita harus cerdas untuk menentukkan developer mana yang akan kita pilih. Dalam memilih developer, melihat track record atau rekam jejak dari developer tersebut sangat disarankan. Developer dengan track record yang baik tentunya akan memberikan kita rasa aman saat membeli atau menyewa apartemen.

Pilihlah developer yang mempunyai track record & reputasi yang baik di masyarakat dan memiliki jaminan mutu yang bisa kita lihat langsung di proyek-proyek lain mereka. Selain itu, pastikan surat izin mendirikan bangunan (IMB), hak guna bangunan (HGB), serta legalitas hak pemilikan apartemen juga harus ditanyakan dan dipastikan kepada developer apartemen.

Lantai Atas atau Lantai Bawah?

Pemandangan dari Lantai Atas
Sumber : ny.curbed.com

Posisi apartemen bagusnya dimana ya? Lantai bawah atau lantai atas? Dalam memilih apartemen, mungkin terkadang kita bingung untuk memilih unit di lantai bawah atau lantai atas. Sebenarnya ada beberapa alasan dan juga pertimbangan dalam memilih unit di lantai bawah ataupun lantai atas.

Pemilihan unit di lantai atas (biasanya lantai 8 keatas) akan menyajikan kita pemandangan kota yang indah. Selain itu karena posisi unit yang tinggi, suara-suara bising dari hiruk pikuk kehidupan kota tak akan terdengar sehingga akan memberikan ketenangan kepada penghuni apartemen tersebut. Kekurangannya adalah kesulitan saat akan memasukkan furnitur ke dalam rumah karena posisi unit berada di lantai yang tinggi.

Saat memilih unit di lantai bawah penghuni memang tidak bisa melihat pemandangan kota, tapi bukan berarti tidak memiliki kelebihan lainnya. Kelebihan yang dimiliki lebih ke arah efisiensi. Dengan memilih di lantai bawah, akses menuju keluar pun akan lebih mudah. Selain itu, saat akan memasukkan furnitur akan lebih mudah. Agar meminimalkan suara bising, pilihlah unit yang terletak agak jauh dari fasilitas umum.

Akses keluar masuk yang mudah membuat unit apartemen lantai bawah biasanya lebih dipilih oleh penghuni yang sudah berkeluarga dan memiliki anak atau memiliki orang yang sudah lanjut usia. Sedangkan untuk penghuni yang masih muda, biasanya akan memilih unit lantai atas karena pemandangannya yang indah. Walaupun tak jarang juga ada keluarga yang memilih unit apartemen di lantai atas.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sumber : prague-stay.com

Tips memilih apartemen yang baik selanjutnya adalah sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita tinggal sendiri, maka pemilihan apartemen tipe studio bisa menjadi pilihan. Ukurannya yang tidak terlalu besar akan mempermudah penghuninya dalam mengurusnya. Oleh sebab itu apartemen tipe ini sering dipilih oleh mahasiswa.

Untuk penghuni yang sudah berkeluarga dan memiliki seorang anak, tipe apartemen two bedroom bisa menjadi pilihan. Terdapat 2 kamar tidur dan disertai dengan ukuran unit yang luas, bisa memberikan ruang gerak yang baik untuk keluarga.

Sesuaikan Anggaran Biaya yang Dimiliki


Hal yang paling krusial sebelum kita membeli atau menyewa sebuah unit apartemen adalah biaya. Pilihlah apartemen yang sesuai dengan anggaran biaya yang kita miliki, jangan sampai melebihinya.

Menurut sebuah survei yang dilakukan di daerah Jabodetabek, harga membeli satu unit apartemen bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah, namun dengan menyewa apartemen harga tersebut bisa hanya berkisar 2 –20 juta rupiah per bulannya.

Itulah beberapa tips dan cara dalam memilih apartemen yang baik untuk kita tempati. Pilihlah apartemen yang berasal dari developer yang baik dan terpercaya, memiliki fasilitas yang lengkap, dekat dengan tempat kerja kita, terletak di tempat yang strategis, dan paling penting sesuai dengan anggaran biaya yang kita miliki. Selamat memilih apartemen dengan baik. ~AaH

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage