Mengenal Tipe-Tipe Apartemen di Indonesia

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 27 Oktober 2018

Mengenal Tipe-Tipe Apartemen di Indonesia

apartemen



Seiring berjalannya waktu, apartemen sekarang menjadi salah satu hunian yang paling diminati oleh masyarakat yang sedang mencari tempat tinggal. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh apartemen, mulai dari keamanan yang lebih terjamin, letak yang strategis, harga yang relatif lebih murah, dan sebagainya. Akan tetapi, sama seperti rumah yang memiliki tipe-tipe yang berbeda, apartemen juga memiliki tipe-tipenya tersendiri.
Jika ingin membeli apartemen, carilah tipe yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga aspek-aspek apartemen tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Apartemen tipe studio

denah apartemen studio
Denah ruang apartemen tipe studio.

Berbeda dengan konsep hunian biasanya, apartemen tipe studio menggabungkan ruang tidur, ruang tamu dan dapur dalam satu ruangan besar. Satu-satunya ruangan yang memiliki pintu di dalam apartemen tipe studio adalah kamar mandi, yang terkadang sudah memiliki lemari dinding sendiri di dalamnya. Apartemen ini sangat diminati karena jauh lebih murah daripada tipe-tipe apartemen lainnya.

Karena apartemen tipe studio tidak memiliki pemisah antara area pribadi dengan area lainnya, beberapa pemilik apartemen tipe studio yang menginginkan privasi memilih untuk memasang partisi atau perabot yang dapat berfungsi sebagai pemisah ruangan. Partisi maupun perabot tinggi yang digunakan dapat memperindah dekorasi apartemen tipe studio ini.

Karena ukurannya yang lebih kecil daripada tipe-tipe apartemen lainnya, tagihan listrik pada apartemen tipe studio pun otomatis lebih rendah. Apartemen tipe studio tidak memerlukan penerangan yang banyak dan alat elektronik yang bermacam-macam. Namun, satu-satunya kekurangan dari apartemen tipe studio adalah keterbatasan areanya. Oleh karena itu, pemilik apartemen tipe studio harus pintar memanfaatkan ruangan yang ada, sehingga tidak membuat apartemennya menjadi sempit.

Apartemen tipe alcove studio

denah apartemen alcove
Denah ruang apartemen tipe alcove studio.

Dalam bahasa Indonesia, alcove memiliki arti ceruk atau relung yang masuk ke dalam dinding. Jadi, apartemen tipe alcove studio adalah apartemen tipe studio yang memiliki ceruk. Ceruk ini biasanya cukup besar untuk memuat tempat tidur ukuran double, dan bahkan terkadang sebuah lemari. Hampir semua apartemen tipe alcove studio berbentuk “L”.

Keuntungan yang paling terlihat dari apartemen tipe alcove studio adalah area tidur, yang meskipun masih menyatu dengan area lainnya, terasa sedikit memiliki privasi yang lebih daripada apartemen tipe studio. Beberapa pemilik apartemen tipe alcove studio bahkan memasang partisi, tirai, atau perabot tinggi untuk lebih menekankan privasi pada apartemen miliknya.
Apartemen tipe alcove studio sering juga disebut apartemen tipe convertible. Apartemen tipe convertible adalah apartemen yang memiliki area khusus yang sedikit terpisah untuk meletakkan tempat tidur. Jadi, apartemen tipe alcove studio adalah salah satu jenis apartemen tipe convertible.

Apartemen tipe serviced

denah apartemen serviced
Apartemen tipe serviced.

Apartemen tipe serviced adalah apartemen yang sudah memiliki perabot lengkap yang disewakan baik dalam hitungan hari maupun tahun, dapat digunakan layaknya hunian seperti biasanya, dan memiliki fasilitas lengkap dari listrik sampai kebersihan, yang semuanya sudah termasuk ke dalam biaya sewa. Singkatnya, apartemen tipe serviced memiliki fasilitas yang serupa dengan hotel pada umumnya, namun dengan luas, kenyamanan dan privasi seperti hunian pribadi sehingga para penyewa apartemen tipe serviced dapat menikmati tinggal layaknya di rumah ketika sedang berpergian ke tempat lain.

Akhir-akhir ini, orang-orang yang berpergian ke suatu tempat lebih memilih untuk menyewa apartemen tipe serviced dibandingkan dengan hotel, terutama jika mereka akan menetap di tempat tersebut lebih dari hitungan hari. Begitu juga bagi yang berpergian dengan rombongan atau keluarga. Jika diakumulasikan, harga yang ditawarkan oleh apartemen tipe serviced lebih ekonomis daripada hotel. Menyewa apartemen tipe serviced berarti menghemat biaya makan, karena makanan bisa dipersiapkan sendiri di dapur apartemen yang disewa.

Apartemen tipe one bedroom

denah apartemen one bedroom
Denah ruang apartemen tipe one bedroom.

Apartemen tipe one bedroom yang disewakan atau dijual pasti memiliki satu kamar tidur yang benar-benar terpisahkan oleh dinding dan pintu dari area lainnya, ruang tamu yang terpisah, serta satu kamar mandi. Beberapa apartemen tipe one bedroom yang lebih luas bahkan memiliki dapur yang terpisah pula.

Kelebihan dari apartemen tipe one bedroom dibandingkan dengan apartemen tipe studio tentunya jelas sekali. Bahkan dengan luas area yang sama, apartemen tipe one bedroom otomatis memberikan privasi yang lebih. Beberapa pemilik apartemen lebih memilih apartemen tipe one bedroom daripada apartemen tipe studio, terutama jika mereka sering menerima tamu. Kamar tidur yang terpisah dari dapur dan area lainnya juga menguntungkan jika penghuni sering memasak, karena bau masakan tidak akan menempel di tempat tidur dan membuat tidur menjadi tidak nyaman.
Pada beberapa kasus, pemilik apartemen tipe one bedroom menggunakan ruang tamunya sebagai ruang tidur kedua. Pada ruangan tersebut dapat dipasang kasur lipat, sofabed, atau tempat tidur temporer lainnya.

Apartemen tipe junior four

denah apartemen junior four
Denah ruang apartemen tipe junior four.

Jika sebuah apartemen disebut sebagai apartemen tipe junior four, berarti apartemen tersebut memiliki area ekstra yang bisa digunakan sesuai keinginan pemiliknya. Kata “four” atau “empat” berasal dari jumlah ruangan di dalam apartemen tipe junior four, yaitu satu kamar tidur, ruang tamu, dapur dan area ekstra tersebut. Ruangan keempat dari apartemen tipe junior four ini biasanya terletak di sebelah area ruang tamu.

Tentunya banyak pemilik apartemen tipe junior four yang menggunakan ruangan keempat tersebut sebagai ruang tidur kedua. Hal ini lebih sering ditemukan pada keluarga yang memiliki seorang anak kecil. Dengan penataan yang tepat, apartemen tipe junior four bisa menjadi alternatif yang lebih murah daripada apartemen tipe two bedroom bagi pembeli-pembeli yang membutuhkan dua kamar tidur dalam apartemennya.

Selain sebagai kamar tidur kedua, area tersebut sering juga dialihfungsikan menjadi ruang kerja. Karena area tersebut cukup besar, ruang kerja tersebut dapat memuat meja kerja, komputer, printer dan rak buku. Perpustakaan kecil atau perpustakaan yang dikombinasikan dengan ruang kerja juga merupakan salah satu pilihan yang sering diambil.
Selain fungsi-fungsi di atas, area ekstra milik apartemen tipe junior four juga dapat digunakan sebagai studio lukis, ruang jahit, ruang desain dan hal-hal yang berhubungan dengan hobi lainnya. Ruangan tersebut juga dapat digunakan sebagai gudang penyimpanan.

Apartemen tipe two bedroom

denah apartemen two bedroom
Denah ruang apartemen tipe two bedroom.

Apartemen tipe two bedroom tentunya harus memiliki dua kamar tidur yang terpisah, masing-masing dilengkapi dengan sekurang-kurangnya satu jendela. Kamar tidur tersebut harus cukup luas untuk memuat tempat tidur dan lemari pakaian. Apartemen tipe two bedroom juga memiliki ruang tamu yang terpisah, dapur, dan setidaknya satu kamar mandi. Walaupun ada pula apartemen tipe two bedroom yang memiliki dapur terpisah, namun mayoritas dapur di apartemen ini tergabung dengan area ruang tamu, biasanya dipisahkan dengan island.
Di Indonesia ini, tipe apartemen yang paling banyak diminati adalah apartemen tipe studio dan tipe two bedroom. Menurut survei properti Bank Indonesia (21/08/2012), kedua tipe tersebut paling laku karena mudah disewakan.
Masih banyak tipe apartemen lainnya, seperti tipe railroad, tipe duplex/triplex, tipe classic six dan lain-lain. Tipe-tipe apartemen tersebut banyak terdapat di luar negeri, khususnya di Amerika dan Eropa. Apartemen-apartemen di Indonesia didominasi oleh desain modern dan minimalis, sehingga tipe-tipe apartemen klasik sangat sulit ditemui di Indonesia. Selamat mencari apartemen impian! ▪ NHF

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage