FAQ : Pertanyaan Seputar Proses Pembangunan dan Renovasi Rumah

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 20 Oktober 2018

FAQ : Pertanyaan Seputar Proses Pembangunan dan Renovasi Rumah

Banyak sekali pertanyaan yang berkaitan dengan proses pembuatan ataupun renovasi rumah. Biasanya pertanyaan yang diajukan sudah memiliki pola. Pertanyaan yang biasa diajukan oleh masyarakat antara lain terkait : Harga, tipe rumah, material, dan penggunaan jasa arsitek.

Karena memiliki inti yang hampir serupa, dari sekian banyak pertanyaan, kami mengelompokkannya menjadi beberapa pertanyaan. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan sekaligus solusi nya menurut salah satu arsitek senior kami, Ayu Sumrahwati,ST

Q : DENGAN BIAYA YANG TERBATAS, APAKAH KITA TETAP BISA MEMBANGUN RUMAH IMPIAN?

Design Rumah Impian By Tatarumah
Sumber : Tatarumah.id

A : Tentu saja bisa! Walaupun anggaran atau biaya yang kita miliki terbatas, kita tetap bisa membangun rumah impian kita. Namun, proses nya akan memakan waktu lebih lama dari yang memiliki dana lebih. Rumah tumbuh adalah solusi yang terbaik untuk kita yang ingin membangun rumah impian dengan biaya terbatas.

Apakah itu rumah tumbuh? Sesuai dengan namanya, rumah tumbuh adalah rumah yang selalu “bertumbuh”. Artinya proses pembangunan atau renovasi nya bertahap, sesuai dengan biaya yang dimiliki. Ibaratnya kita “nyicil” sedikit-sedikit. Walaupun bertahap, proses nya tetap terancang dengan baik dan tidak asal-asalan.

Tahapan-tahapan pembangunan atau renovasi rumah di susun berdasarkan prioritas dari client tersebut. Yang pertama biasa kami tanyakan adalah “Seperti apa rumah impian yang diinginkan?”, “Apa saja kegiatan yang nantinya akan dilakukan di rumah impian anda?”. Setelah itu, barulah kami breakdown tahapan-tahapan pembangunan nya.

Q : APAKAH RUMAH TIPE KECIL BISA DIBUAT MENJADI RUMAH BERTINGKAT 2 ATAU 3?

A : Bisa. Rumah tipe kecil bisa dibuat menjadi rumah bertingkat 2 atau 3 dengan satu persyaratan utama, yaitu : Fondasi.

Rumah tipe kecil yang akan di renovasi harus memiliki fondasi rumah yang memang di desain untuk rumah 2 atau 3 tingkat. Sehingga memiliki kekuatan untuk menahan rumah tersebut. Jika sudah memiliki fondasi yang kuat sesuai dengan standar untuk rumah tingkat, maka pembangunan pun bisa langsung dilakukan.

“Bagaimana jika rumah saya tidak memiliki fondasi standar untuk rumah 2 atau 3 tingkat? Apakah artinya rumah saya tidak bisa menjadi rumah tingkat?”. Rumah yang belum memiliki fondasi standar rumah bertingkat, masih bisa menjadi rumah bertingkat. Yang harus dilakukan adalah merombak ulang seluruh rumah atau dengan kata lain membangun rumah dari awal (Dimulai dari penguatan fondasi rumah).

Q : APAKAH RUMAH YANG SEDANG DI RENOVASI MASIH BISA TETAP DITINGGAL?

Renovasi Dapur Rumah
Proses Renovasi Dapur Rumah | Sumber : Tatarumah.id

A : Tergantung. Jika pemilik rumah tersebut hanya merenovasi bagian-bagian rumah tertentu saja, pastinya rumah tersebut masih bisa ditinggali. Sama hal nya dengan rumah tumbuh. Rumah tumbuh masih bisa ditinggali karena pembangunan nya yang bertahap, sesuai dengan prioritas ruangan.

Dalam pembangunan rumah bertingkat, jika sudah memiliki fondasi yang kuat dan sesuai dengan standar maka rumah tersebut masih bisa ditinggali selama pembangunan. Tetapi jika rumah tersebut tidak memiliki fondasi sesuai standar, maka mau tidak mau memang harus pindah rumah sementara atau mengontrak rumah selama proses pembangunan, karena seluruh rumah akan dibongkar.

Demi kenyamanan pemilik rumah, biasanya kami menyarankan untuk mengontrak rumah sementara selama renovasi pembangunan. Terutama jika pembangunan atau renovasi nya berskala besar.

Q : DALAM MERENOVASI RUMAH, YANG TERPENTING BAGIAN LUAR (FASAD) ATAU BAGIAN DALAMNYA TERLEBIH DAHULU?

A : Skala kepentingan atau prioritas renovasi rumah berbeda-beda, tergantung dari pemilik rumah tersebut. Ada yang lebih memilih untuk merenovasi bagian luar rumah (fasad) terlebih dahulu, ada juga kebalikannya. Yaitu yang ingin membereskan bagian dalamnya terlebih dahulu.

Pemilik rumah yang merenovasi bagian luar rumah terlebih dahulu, biasanya lebih mementingkan penampilan luar atau penampakan dari rumah tersebut oleh orang lain. Setelah penampakan rumah bagian luar selesai, barulah beralih ke bagian dalam rumah.

Pemilik rumah yang merenovasi bagian dalam rumahnya terlebih dahulu, biasanya lebih mementingkan kenyamanan dari rumah tersebut saat dihuni oleh keluarga. Ruangan-ruangan yang sering menjadi perhatian utama adalah dapur serta ruang makan, ruang keluarga, kamar tidur, dan kamar mandi.

Q : MATERIAL APA SAJA YANG BAGUS UNTUK FURNITURE RUMAH?

Interior Ruang Tengah By Tatarumah
Sumber : Tatarumah.id

A : Banyak sekali material-material yang recommended untuk furnitur-furnitur di dalam rumah, tergantung dengan fungsi furniture tersebut. Dalam menentukan material yang akan digunakan, beberapa hal berikut ini harus di perhatikan:

Kekuatan dari material tersebut
Keamanan adalah yang utama. Furniture dengan material yang kuat akan mampu menopang beban yang berat sesuai dengan kapasitas nya, sehingga tidak akan mudah ambruk atau rusak. Furniture yang kuat juga memberikan keamanan pada pengguna nya. Contoh material nya seperti baja, besi, kayu jati, dll.

Daya tahan dari material
Kekuatan dari material tersebut pasti mempengaruhi daya tahannya. Tempat kita menyimpan furniture tersebut juga dapat mempengaruhi daya tahannya, misalnya kursi besi yang kita taruh di tempat terbuka maka akan mudah berkarat. Solusi nya adalah kita bisa melapisinya dengan cat anti karat.

Selain itu, hal-hal lain seperti sifat material, ‘musuh’ material dan lain-lainnya juga harus di perhatikan. Misalnya furniture material kayu yang rawan dimakan rayap ataupun bisa lapuk jika terkena air.

Keindahan
Yang terpenting lagi adalah keindahan dari material yang dipilih. Tidak semua material yang indah dipandang, kuat dan tahan lama. Namun, tidak semua yang kuat dan tahan lama indah untuk dipandang. Maka pilihlah material yang jika dikombinasikan dengan material lainnya akan terlihat indah dan enak dipandang. Contoh material yang sering dikombinasikan adalah kayu dan besi.

Q : APAKAH KEUNTUNGAN DARI BERKONSULTASI DENGAN ARSITEK?

A : Keuntungan nya sangat banyak. Karena rumah bukanlah barang sekali pakai. Butuh perhitungan dan rancangan yang tepat untuk membangun nya. Jika salah dalam perhitungan nya, hal paling buruk yang bisa terjadi adalah ambruk nya rumah. Manfaat dari penggunaan jasa arsitek adalah untuk membantu merancang rumah dengan hitungan yang tepat.

Pemilik rumah juga bisa menceritakan tentang kondisi dan keinginan nya terhadap rumah miliknya. Arsitek akan membantu sang pemilik rumah untuk memvisualisasikan apa yang diinginkan. Arsitek akan menawarkan solusi yang ekonomis dan paling tepat dari berbagai masalah yang ada. Jika sang pemilik rumah tidak terlalu setuju dengan salah satu solusi dari sang arsitek, maka ia akan mencarikan solusi yang lainnya yang lebih baik.

Pada intinya, fungsi dari arsitek adalah membantu sang pemilik rumah untuk menggapai dan menciptakan rumah impiannya. Arsitek adalah teman berdiskusi untuk membahas dan mewujudkan rumah impian kita.

Semoga pertanyaan-pertanyaan di atas dapat mewakilkan dari sekian banyak pertanyaan mengenai proses pembangunan rumah maupun renovasi rumah. Selamat membangun rumah impian! ~AaH


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage