Memperindah Taman di Lahan yang Sempit

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Sabtu, 29 September 2018

Memperindah Taman di Lahan yang Sempit

taman lahan sempit



Dengan maraknya rumah-rumah minimalis di Indonesia khususnya di Jakarta, Bogor, Depok dan kota-kota besar lainnya, membuat taman di lahan sempit menjadi tren terbaru di masyarakat. Akan tetapi, keterbatasan lahan menjadi rintangan terbesar bagi tren ini, karena dengan sempitnya lahan, pilihan tanaman dan dekorasinya pun menjadi terbatas pula. Para penghuni rumah minimalis pun harus sedikit memutar otak untuk mengakali tamannya agar tetap terlihat indah meskipun berada di lahan yang sempit.

Biasanya, jika mendengar kata “taman”, yang akan terbayang pertama kali di dalam benak adalah sepetak area hjau yang terletak di depan atau di belakang rumah, walaupun tentunya ada juga taman yang terletak di tengah-tengah rumah.
Pada rumah-rumah bertipe kecil minimalis, lahan terbuka yang tersisa biasanya berada di depan dan di belakang rumah.
Area tersebutlah yang akan dimanfaatkan untuk memperindah hunian, area yang menjadi sebuah taman indah sekalipun lahan yang ada sempit. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar taman pada lahan sempit tersebut bisa terlihat indah akan dibahas satu per satu pada ulasan berikut.

Pilihlah tanaman berukuran sedang sampai kecil

tanaman ukuran kecil
Tanaman berukuran kecil yang cocok untuk taman di lahan yang sempit.

Unsur yang tidak boleh ketinggalan pada suatu taman yang indah, tentunya adalah tanaman. Jenis tanaman yang digunakan sebagai penghias taman sangat bervariasi, mulai dari tanaman hias berukuran kecil sampai ke pohon buah yang besar seperti pohon mangga. Akan tetapi, mengingat lahan yang tersedia sempit, ukuran tanaman yang akan diletakkan di dalam taman harus diperhatikan dengan saksama.
Hindari tanaman besar dan rindang yang akan memenuhi bagian depan atau belakang rumah, membuat lahan yang sebelumnya tidak terlalu luas menjadi lebih terasa sempit.
Sebaiknya pilihlah tanaman-tanaman berukuran sedang sampai kecil, baik yang merupakan tanaman hias maupun tanaman buah. Apabila memang menginginkan pohon yang rindang agar sinar matahari di siang hari tidak menyilaukan, pilihlah tanaman-tanaman berdaun kecil dengan batang tinggi ke atas seperti cemara atau palem. Pohon-pohon yang berbentuk ramping seperti itu tidak akan membuat taman terasa sempit dan penuh sesak hanya dengan satu tanaman saja.

Hindari posisi tanaman yang menggerombol

taman tertata rapih
Taman yang tertata rapih.

Ukuran taman yang sempit membuat peletakkan tanaman membutuhkan perhatian ekstra. Sedikit saja kesalahan yang terjadi, taman akan terasa penuh sesak dengan tanaman serta membuat taman menjadi tidak indah dilihat dan susah untuk dibersihkan dari sampah-sampah daun dari tanaman-tanaman yang ada.
Jangan letakkan tanaman terpusat di satu tempat, seperti di tengah-tengah.
Alih-alih terpusat, letakkan tanaman tersebar di area tersebut sedemikian rupa sehingga tidak acak-acakan serta tetap memperhatikan harmoni dan keteraturan. Tanaman-tanaman yang terpusat di satu tempat akan membuat taman makin terasa sempit dan juga menghambat lalu lintas keluar masuk rumah, terutama jika taman tersebut menjadi salah satu akses untuk masuk ke dalam rumah.

Tanaman-tanaman hijau tanpa bunga dapat diletakkan di pinggir taman yang dekat dengan sisi rumah, sedangkan tanaman berbunga dapat diletakkan di sisi taman yang berbatasan dengan jalanan. Dengan begitu, taman akan terlihat penuh warna namun tetap indah dan teratur.

Pastikan seluruh tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup

cahaya matahari cukup bagi taman
Seluruh tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup.

Cahaya matahari adalah kebutuhan yang paling utama bagi tanaman hidup. Oleh karena itu, pastikan seluruh tanaman di taman mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Lahan sempit bukanlah alasan untuk membiarkan tanaman kekurangan cahaya matahari.
Penataan tanaman harus disesuaikan sedemikian rupa sehingga tanaman-tanaman yang berukuran kecil tidak terhalang oleh tanaman yang berukuran lebih besar.

Berikan penerangan yang cantik

lampu taman cantik
Lampu LED yang cantik akan memperindah taman pada malam hari.

Keindahan lampu-lampu pada sepetak taman tidak dipengaruhi oleh sempit atau luasnya lahan yang ada. Artinya, taman di lahan yang sempit pun bisa diperindah oleh kehadiran lampu-lampu penerangan yang dipasang sedemikian rupa.
Lampu LED yang diletakkan di sudut-sudut yang tepat pada taman akan membuat suasana taman di malam hari menjadi lebih indah dan romantis.
Lampu yang digunakan pun tidak harus berwarna putih. Warna lampu bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan agar menciptakan suasana yang diinginkan. Lampu berwarna kuning akan memberikan efek hangat, lampu berwarna putih akan memberikan efek futuristik, dan sebagainya.

Pilihlah dekorasi taman yang sesuai

kolam ikan kecil
Kolam yang berukuran kecil.

Taman yang berada di lahan sempit bukan berarti tidak bisa memiliki dekorasi-dekorasi indah seperti kolam dan pot aneka warna. Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah ukuran dekorasi tersebut harus sesuai agar tidak membuat taman menjadi terasa makin sempit. Sebagai contoh, alih-alih kolam ikan yang besar dan dipenuhi ornamen batu, pasanglah kolam ikan kecil dengan hiasan yang sederhana namun tetap indah.
Belakangan ini, konsep dapur taman pun menjadi tren terbaru di kalangan pengguna sosial media. Konsep ini mengusung bentuk dapur yang berbatasan langsung dengan taman belakang. Biasanya dapur-dapur taman berada pada rumah bertipe kecil seperti tipe 21/24, karena luas lahan yang sempit membuat dapur diletakkan di belakang rumah, tanpa sekat dengan taman belakang yang juga tidak luas.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperindah taman yang berada di lahan yang sempit. Sekarang, taman yang indah bukan diperhatikan dari luasnya taman tersebut. Marilah membuat taman yang indah baik di pagi, siang maupun malam hari. Selamat berkarya!!! ▪ NHF

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage