7 Macam Tipe Rumah di Indonesia

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image Desain Interior Rumah Huni Anda

Minggu, 09 September 2018

7 Macam Tipe Rumah di Indonesia

tipe rumah di indonesia

Rumah adalah suatu bangunan yang kita fungsikan sebagai tempat tinggal. Rumah adalah tempat kita kembali. Berkumpul bersama keluarga, mempererat hubungan antar anggota keluarga dan juga melepas penat setelah seharian melakukan aktivitas kegiatan masing-masing seperti sekola, bekerja, dan lain sebagainya. Untuk sebagian orang, rumah relatif menjadi tolak ukur dari kesuksesan seseorang.

Jenis tipe rumah diambil dari luas rumah tersebut. Misalkan untuk tipe 36, berarti rumah tersebut memiliki luas 36 meter persegi. Begitu pun dengan tipe-tipe rumah yang lainnya. Mungkin diantara kita masih ada yang bingung atau kurang familiar dengan berbagai tipe rumah.

Rumah memiliki berbagai ukuran dan gaya nya masing-masing. Ukuran sebuah rumah bisa diketahui dari luasnya kavling dari tempat rumah itu dibangun. Kavling adalah luas tanah yang sudah dipetak-petak berdasarkan ukuran-ukuran tertentu. Setiap tipe rumah umumnya memiliki karakteristik masing-masing, mulai dari dimensi bangunan nya hingga pemanfaatan ruang nya.

Tipe-tipe rumah yang paling banyak ada di Indonesia terdapat 7 macam, yaitu : Tipe 21/24, tipe 36, tipe 45, tipe 54, tipe 60, tipe 70, dan tipe 120. Yuk kita bahas satu persatu secara lebih detail.

jenis dan bentuk rumah tipe 21/24 Indonesia

RUMAH TIPE 21/24

Tipe 21 hingga 24 adalah tipe rumah yang paling kecil. Rumah ini biasanya dibangun diatas kavling berukuran 3×7 meter atau 4×6 meter. Tipe rumah ini tergolong rumah yang sederhana. Rumah ini hanya memiliki 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu kecil dan biasanya dapur yang terpisah, biasanya terletak pada bagian halaman belakang.

Jika anak sudah bertambah dewasa, maka perlu penambahan ruang kamar tidur.Penambahan ruang memerlukan lahan yang cukup luas. Jika lahan terbatas, kita bisa mengakalinya dengan menambahkan lantai tingkat ke-2.

Tipe rumah ini harganya yang paling terjangkau. Kisaran harganya bervariasi, jika berada di lokasi strategis bisa mencapai 300 juta rupiah. Namun ada juga yang memiliki harga 80 juta rupiah (Jika ada program subsidi pemerintah). Sangat cocok untuk pasangan muda atau pengantin baru yang memiliki dana yang minim. Dengan kapasitas daya tampung rumah tersebut, tipe ini maksimal di tinggali oleh 3 orang (Suami, istri, dan 1 anak kecil).

jenis rumah tipe 36 indonesia
sumber: hargaper.com

RUMAH TIPE 36

Tipe 36 merupakan tipe yang paling banyak diminati dan paling banyak dicari di kalangan masyarakat menengah. Harganya yang tidak terlalu tinggi membuat banyak yang memilih untuk berinvestasi dengan ukuran ini, karena sangat mudah jika ingin dijual kembali nantinya. Oleh sebab itu juga, banyak pengembang perumahan membangun rumah ini.

Rumah ini berdiri diatas kavling 36 meter persegi dengan dimensi 9×4 meter atau 6×6 meter. Terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan dapur. Rumah ini cocok untuk ditinggali oleh keluarga kecil. Pembangunan lantai tingkat 2 bisa menjadi pilihan jika ingin melakukan pengembangan rumah. Rumah tipe ini sering dibangun dengan gaya minimalis.

Kisaran harga rumah tipe 36 jika berada di lokasi strategis dan banyak faktor pendukung lainnya bisa mencapai 400 juta rupiah. Harga termurahnya dari tipe ini berkisar 100 juta rupiah.

jenis dan tipe rumah 45 indonesia
sumber: kontruksirumah.com

RUMAH TIPE 45

Rumah tipe 45 berdiri diatas kavling berukuran 45 meter persegi dengan rata-rata dimensinya 6×7.5 meter atau 8×5,6 meter. Memiliki kapasitas yang tidak jauh berbeda dari tipe 36, yaitu : 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan taman belakang yang minimalis. Rumah ini bisa menjadi pilihan bagi keluarga kecil yang memiliki 1-2 anak yang menginginkan rumah yang lebih “leluasa”.

Tipe 45 memiliki spresifikasi luas yang lebih baik daripada tipe 36. Jika dilihat dari segi luas tapak pun, tipe ini memiliki halaman yang lebih lapang. Kisaran harga untuk tipe ini dimulai dari 200 juta rupiah bahkan bisa mencapai 500 juta rupiah.

rumah tipe 54 indonesia
photo by: rumahdijual.com

RUMAH TIPE 54

Rumah tipe 54 dibangun di kavling berdimensi 9×6 meter atau 13.5×4 meter. Rumah ini memiliki 3 kamar tidur, dapur, ruang tamu, kamar mandi, taman yang lapang, serta terdapat juga ruang keluarga. Rumah tipe ini cocok untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga yang lebih besar.

Rumah tipe ini termasuk salah satu pilihan rumah untuk masyarakat menengah ke atas. Karena ukurannya yang lumayan besar, rumah ini pun memiliki harga yang lumayan mahal juga. Kisaran harganya mulai dari 300 juta rupiah hingga 800 juta rupiah.

rumah tipe 60 indonesia
photo by desainrumahnya.com

RUMAH TIPE 60

Rumah tipe 60 berdiri diatas kavling berdimensi 6×10 meter, 8×7 meter, dan 6×12 meter. Bentuk nya pun terbagi jadi beberapa. Untuk ukuran panjang ataupun lebarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing individu.

Rumah ini terdiri dari 3-4 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, taman, serta terdapat teras depan yang lumayan luas. Tipe rumah ini adalah yang paling memadai untuk membangun lantai tingkat 2. Kisaran harga untuk rumah tipe 60 mulai dari 400 juta rupiah hingga bisa mencapai 900 juta rupiah.

tipe rumah 70 indonesia
desainrumahmodern.com

RUMAH TIPE 70

Tipe rumah 70 memiliki ukuran yang relatif luas. Berdiri di atas lahan berukuran sekitar 70 meter persegi yang memiliki dimensi bervariasi, mulai dari 7×10 meter hingga 5×14 meter. Biasanya untuk mengakali luas kavling, rumah ini dibangun menjadi 2 tingkat lantai. Rumah ini cocok untuk ditinggali oleh keluarga besar.

Jumlah kamar pada tipe ini hampir sama dengan tipe 60, hanya terkadang memiliki tambahan kamar tidur. Harga untuk rumah tipe ini berkisar mulai dari 500 jutaan hingga milyaran rupiah.

tipe rumah ukuran 120
photo by ekalase.com

RUMAH TIPE 120

Rumah tipe ini adalah tipe yang terbesar, dan sudah pasti termasuk kedalam golongan rumah mewah. Rumah ini dimiliki oleh masyarakat kalangan menengah atas, karena harganya yang bisa mencapai hingga milyaran rupiah. Rumah tipe ini dibangun diatas lahan berdimensi 10×12 meter atau 8×15 meter.

Banyaknya kamar dan ruangan di rumah tipe ini bervariasi, biasanya tergantung dengan keperluan dari pemilik rumah itu sendiri. Karena ukurannya yang besar dan luas, pemilik memiliki kebebasan lebih untuk mengeksplorasi, berkarya, dan bereksperimen dengan berbagai gaya arsitektur rumah.

Rumah adalah cerminan dari pemilik rumah itu sendiri. Memiliki rumah lebar, rumah kecil, rumah minimalis, rumah maksimalis, dan lain-lainnya adalah pilihan kita masing-masing. Memilih rumah kecil dan minimalis untuk ditinggali, bukan berarti rumah itu tidak bisa menjadi tempat tinggal yang baik dan nyaman untuk ditinggali.

Kita bisa berkonsultasi dengan arsitek untuk membatu mendesain dan mengatur rumah kita. Berkonsultasi dengan arsitek merupakan suatu cara agar rumah impian kita bisa terwujud. Yang membuat rumah kita menjadi baik dan nyaman adalah perbuatan yang dilakukan untuk rumah itu dan apa yang dilakukan dirumah itu.

Semoga kami dapat selalu menghadirkan artikel yang bisa membantu untuk menambah dan memahami ilmu baru serta dapat membantu menemukan solusi terbaik untuk masalah yang dihadapi. Semagat berkreasi!! ▪ AaH

Sumber :
https://hujanbulanjuni.net/macam-tipe-rumah-dan-harganya/
https://www.dekoruma.com/artikel/64473/tipe-rumah-terpopuler

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage